Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1 - Halo Sahabat Guru Merdeka dindikbud.id. Kali ini kami akan membagikan pembahasan mengenai Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1 SD. Pembelajaran kali ini dilaksanakan dengan Durasi : 2 x 35 menit.
Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai
Instruksi Pembelajaran
Guru mengajak siswa untuk melakukan gerak yang disukai dari pertunjukkan tari
yang sudah diamati pada Pertemuan 1 dan mencari perbedaan antara gerak tari
dengan gerak sehari-hari.
A. Persiapan Mengajar
Ingatkan lagi pertanyaan yang diajukan pada Pertemuan 1, yaitu tentang
bagaimana caranya manusia bisa bergerak seperti pertunjukan tarian kemarin.
Target Pertemuan 2 ini adalah membuat siswa merasakan sendiri cara bergerak
dengan tubuhnya berdasarkan apa yang dilihat dan dipahaminya. Siswa juga
dapat mengemukakan pendapatnya tentang gerakan tersebut. Dalam kegiatan
ini, siswa diberi kebebasan untuk memilih gerakan sendiri dan bertanggung
jawab atas pilihannya dengan mengemukakan alasan pilihannya. Dari kegiatan
ini, guru diharapkan akan mendapat jawaban tentang perbedaan antara gerak
tari dengan gerak yang dilakukan manusia sehari-hari dari siswa. Konsep ini
akan digunakan sebagai bekal untuk kegiatan selanjutnya.
B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas
1. Kegiatan Awal
a. Berdoa
b. Menciptakan suasana yang menyenangkan
Guru mengingatkan lagi pertanyaan di Pertemuan 1, yaitu ‘Bagaimana caranya kita melakukan gerak tari?’ dan menuliskan pertanyaan tersebut di papan tulis agar siswa dapat melihat tujuan yang akan dilakukan pada pertemuan ini atau boleh saja jika guru hanya menyebutkan pertanyaan secara lisan. Guru mengajak siswa untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama dengan cara bernyanyi lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Dalam proses ini siswa diharapkan bisa mengingat kembali apa yang sudah dipelajarinya sehingga banyak muncul gerak-gerak unik.
Guru mengingatkan lagi pertanyaan di Pertemuan 1, yaitu ‘Bagaimana caranya kita melakukan gerak tari?’ dan menuliskan pertanyaan tersebut di papan tulis agar siswa dapat melihat tujuan yang akan dilakukan pada pertemuan ini atau boleh saja jika guru hanya menyebutkan pertanyaan secara lisan. Guru mengajak siswa untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama dengan cara bernyanyi lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Dalam proses ini siswa diharapkan bisa mengingat kembali apa yang sudah dipelajarinya sehingga banyak muncul gerak-gerak unik.
c. Melakukan pemanasan
Ajak siswa untuk melakukan pemanasan yang bertujuan agar siswa siap untuk menerima pelajaran. Pemanasan juga berfungsi untuk menghindari cedera otot. Gerak pemanasan bisa dipilih dari gerak-gerak yang disukai siswa yang muncul dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Ajak siswa untuk bergerak mengikuti iringan lagu tersebut. Kegiatan pemanasan diharapkan bisa menggunakan iringan seperti musik atau lagu yang dinyanyikan bersama, hal ini untuk menanamkan rasa irama dalam setiap gerak siswa. Kegiatan pemanasan bermanfaat pula untuk memantau sejauh mana kemampuan gerak siswa.
Ajak siswa untuk melakukan pemanasan yang bertujuan agar siswa siap untuk menerima pelajaran. Pemanasan juga berfungsi untuk menghindari cedera otot. Gerak pemanasan bisa dipilih dari gerak-gerak yang disukai siswa yang muncul dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Ajak siswa untuk bergerak mengikuti iringan lagu tersebut. Kegiatan pemanasan diharapkan bisa menggunakan iringan seperti musik atau lagu yang dinyanyikan bersama, hal ini untuk menanamkan rasa irama dalam setiap gerak siswa. Kegiatan pemanasan bermanfaat pula untuk memantau sejauh mana kemampuan gerak siswa.
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati gerak yang disukai
Instruksikan siswa untuk mengamati tari melalui media yang guru pilih di
Pertemuan 1. Pilihan tersebut adalah menonton video tari, atau menyaksikan
penari tamu, atau penari dari siswa, atau guru yang menari. Perlu diingat kembali,
bahwa guru memilih gerak tari sederhana yang sesuai dengan kemampuan
motorik siswa. Mungkin hanya dua koordinasi gerak saja, karena jika memilih
gerak tari yang rumit, sulit bagi siswa untuk mengikuti dan mengingatnya.
Ajak siswa untuk mengamati gerakan yang paling disukai, kemudian meminta
siswa untuk mengikutinya. Berikan waktu untuk menonton dan menghafalkan
gerak. Biarkan semua kegiatan ini berangkat dari pilihan siswa. Guru tidak
diperkenankan untuk mengajarkan gerak, biarkan siswa meniru sesuai dengan
apa yang diamati. Berikan pertanyaan untuk memudahkan siswa, seperti
1) “Dari tarian ini, gerakan mana yang paling kalian suka?”, dan
2) “Kenapa memilih gerakan itu?”.
b. Meniru dan memanipulasi gerak
Siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan gerak yang sudah mereka
pilih, dan juga memberikan penjelasan tentang gerakan tersebut. Berikan
kebebasan kepada siswa dalam menirukan gerakannya, tidak ada yang salah
ketika didapati ada siswa yang menari berbeda dengan gerak dari video/penari
tamu/penari dari siswa, maupun guru. Bagian yang terpenting adalah siswa
mampu meniru dan mau memperagakan gerak di depan guru dan temanteman. Selalu memberikan apresiasi positif kepada perilaku siswa.
Untuk alur
penampilan siswa di kelas, guru dapat menggunakan metode memanggil siswa
per kelompok atau perorangan dalam menampilkan gerak yang telah dipilih.
Sehingga gambaran dalam proses pertunjukan di kelas adalah terdapat tiga
hingga lima siswa yang tampil di depan kelas, sedangkan guru menghitung
dengan kelipatan delapan, atau menyanyikan lagu yang digunakan untuk
pertunjukan tari siswa.
Jika memilih media video, guru dapat memutar musik dari
video yang diamati. Tugas siswa adalah menunjukkan gerak pilihannya secara
individu dan mengemukakan alasan memilih gerak tersebut. Idealnya, setiap
siswa memiliki gerak yang berbeda sesuai pilihan, namun jika guru mendapati
siswa yang memiliki kemiripan gerak, bahkan sampai sama persis dengan siswa
lain, tidak perlu disalahkan, tetap berikan respon positif untuk memotivasi siswa.
Setelah semua siswa tampil dengan memberikan alasannya.
c. Guru dan siswa berdiskusi
Lakukan diskusi dengan pertanyaan berikut:
1) “Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan tadi?”,
2) “Bagaimana cara kalian melakukan gerakan tarian tadi?”, dan
3) “Bagaimana perasaan kalian setelah menari?”.
Arahkan siswa untuk menjawab pertanyaan, hingga siswa sampai kepada
pemahaman seperti ini:
Tentunya dalam kondisi kelas secara nyata, guru akan mendengar jawaban
siswa dengan menggunakan bahasa sederhana. Tidak mengapa, yang
terpenting maksud siswa dalam menjawab sudah sesuai dengan arahan pada
Tabel 1.6. Tuliskan semua jawaban siswa di papan tulis untuk dirangkum, agar
siswa merasa ikut menemukan jawaban dari pertanyaan hari ini.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan kesimpulan singkat dari hasil diskusi siswa melalui media
papan tulis atau lisan. Guru mengulang kembali hasil jawaban siswa tentang
cara melakukan gerak tari seperti yang ada di gambar 1. 16. Untuk mengakhiri
Pertemuan 2, ajukan kembali pertanyaan untuk dicari tahu bersama di pertemuan
selanjutnya, yaitu “Bagaimana cara anggota tubuh bergerak?”.