Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1

Pasti Untung
By -
Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1

Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1 - Halo Sahabat Guru Merdeka dindikbud.id. Kali ini kami akan membagikan pembahasan mengenai Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai, Seni Tari Kelas 1 SD. Pembelajaran kali ini dilaksanakan dengan Durasi : 2 x 35 menit.

Prosedur pembelajaran 2 Melakukan Gerak yang disukai

Instruksi Pembelajaran 

Guru mengajak siswa untuk melakukan gerak yang disukai dari pertunjukkan tari yang sudah diamati pada Pertemuan 1 dan mencari perbedaan antara gerak tari dengan gerak sehari-hari. 

A. Persiapan Mengajar 

Ingatkan lagi pertanyaan yang diajukan pada Pertemuan 1, yaitu tentang bagaimana caranya manusia bisa bergerak seperti pertunjukan tarian kemarin. Target Pertemuan 2 ini adalah membuat siswa merasakan sendiri cara bergerak dengan tubuhnya berdasarkan apa yang dilihat dan dipahaminya. Siswa juga dapat mengemukakan pendapatnya tentang gerakan tersebut. Dalam kegiatan ini, siswa diberi kebebasan untuk memilih gerakan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya dengan mengemukakan alasan pilihannya. Dari kegiatan ini, guru diharapkan akan mendapat jawaban tentang perbedaan antara gerak tari dengan gerak yang dilakukan manusia sehari-hari dari siswa. Konsep ini akan digunakan sebagai bekal untuk kegiatan selanjutnya. 


B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas 

1. Kegiatan Awal

a. Berdoa 
b. Menciptakan suasana yang menyenangkan
Guru mengingatkan lagi pertanyaan di Pertemuan 1, yaitu ‘Bagaimana caranya kita melakukan gerak tari?’ dan menuliskan pertanyaan tersebut di papan tulis agar siswa dapat melihat tujuan yang akan dilakukan pada pertemuan ini atau boleh saja jika guru hanya menyebutkan pertanyaan secara lisan. Guru mengajak siswa untuk mencari tahu jawabannya bersama-sama dengan cara bernyanyi lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Dalam proses ini siswa diharapkan bisa mengingat kembali apa yang sudah dipelajarinya sehingga banyak muncul gerak-gerak unik. 

c. Melakukan pemanasan
Ajak siswa untuk melakukan pemanasan yang bertujuan agar siswa siap untuk menerima pelajaran. Pemanasan juga berfungsi untuk menghindari cedera otot. Gerak pemanasan bisa dipilih dari gerak-gerak yang disukai siswa yang muncul dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Ajak siswa untuk bergerak mengikuti iringan lagu tersebut. Kegiatan pemanasan diharapkan bisa menggunakan iringan seperti musik atau lagu yang dinyanyikan bersama, hal ini untuk menanamkan rasa irama dalam setiap gerak siswa. Kegiatan pemanasan bermanfaat pula untuk memantau sejauh mana kemampuan gerak siswa.

2. Kegiatan Inti

a. Mengamati gerak yang disukai
Instruksikan siswa untuk mengamati tari melalui media yang guru pilih di Pertemuan 1. Pilihan tersebut adalah menonton video tari, atau menyaksikan penari tamu, atau penari dari siswa, atau guru yang menari. Perlu diingat kembali, bahwa guru memilih gerak tari sederhana yang sesuai dengan kemampuan motorik siswa. Mungkin hanya dua koordinasi gerak saja, karena jika memilih gerak tari yang rumit, sulit bagi siswa untuk mengikuti dan mengingatnya. Ajak siswa untuk mengamati gerakan yang paling disukai, kemudian meminta siswa untuk mengikutinya. Berikan waktu untuk menonton dan menghafalkan gerak. Biarkan semua kegiatan ini berangkat dari pilihan siswa. Guru tidak diperkenankan untuk mengajarkan gerak, biarkan siswa meniru sesuai dengan apa yang diamati. Berikan pertanyaan untuk memudahkan siswa, seperti 
1) “Dari tarian ini, gerakan mana yang paling kalian suka?”, dan 
2) “Kenapa memilih gerakan itu?”.



b. Meniru dan memanipulasi gerak
Siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan gerak yang sudah mereka pilih, dan juga memberikan penjelasan tentang gerakan tersebut. Berikan kebebasan kepada siswa dalam menirukan gerakannya, tidak ada yang salah ketika didapati ada siswa yang menari berbeda dengan gerak dari video/penari tamu/penari dari siswa, maupun guru. Bagian yang terpenting adalah siswa mampu meniru dan mau memperagakan gerak di depan guru dan temanteman. Selalu memberikan apresiasi positif kepada perilaku siswa. 

Untuk alur penampilan siswa di kelas, guru dapat menggunakan metode memanggil siswa per kelompok atau perorangan dalam menampilkan gerak yang telah dipilih. Sehingga gambaran dalam proses pertunjukan di kelas adalah terdapat tiga hingga lima siswa yang tampil di depan kelas, sedangkan guru menghitung dengan kelipatan delapan, atau menyanyikan lagu yang digunakan untuk pertunjukan tari siswa. 

Jika memilih media video, guru dapat memutar musik dari video yang diamati. Tugas siswa adalah menunjukkan gerak pilihannya secara individu dan mengemukakan alasan memilih gerak tersebut. Idealnya, setiap siswa memiliki gerak yang berbeda sesuai pilihan, namun jika guru mendapati siswa yang memiliki kemiripan gerak, bahkan sampai sama persis dengan siswa lain, tidak perlu disalahkan, tetap berikan respon positif untuk memotivasi siswa. Setelah semua siswa tampil dengan memberikan alasannya.

c. Guru dan siswa berdiskusi
Lakukan diskusi dengan pertanyaan berikut:
1) “Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan tadi?”, 
2) “Bagaimana cara kalian melakukan gerakan tarian tadi?”, dan 
3) “Bagaimana perasaan kalian setelah menari?”.

Arahkan siswa untuk menjawab pertanyaan, hingga siswa sampai kepada pemahaman seperti ini:

Tentunya dalam kondisi kelas secara nyata, guru akan mendengar jawaban siswa dengan menggunakan bahasa sederhana. Tidak mengapa, yang terpenting maksud siswa dalam menjawab sudah sesuai dengan arahan pada Tabel 1.6. Tuliskan semua jawaban siswa di papan tulis untuk dirangkum, agar siswa merasa ikut menemukan jawaban dari pertanyaan hari ini. 




3. Kegiatan Penutup

Guru memberikan kesimpulan singkat dari hasil diskusi siswa melalui media papan tulis atau lisan. Guru mengulang kembali hasil jawaban siswa tentang cara melakukan gerak tari seperti yang ada di gambar 1. 16. Untuk mengakhiri Pertemuan 2, ajukan kembali pertanyaan untuk dicari tahu bersama di pertemuan selanjutnya, yaitu “Bagaimana cara anggota tubuh bergerak?”.

Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!