Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD - Halo sahabat Guru Merdeka!, Berikut ini dindikbud.id akan membahas mengenai Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD.
Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak
Instruksi Pembelajaran
Guru mengajak siswa untuk mengapresiasi/mengamati contoh video tari atau
menonton langsung tarian yang diperagakan penari atau guru untuk menemukan
perbedaan gerak sehari-hari dan gerak tari.
A. Persiapan Mengajar
Mengaplikasikan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’ (See-Think-Wonder). Strategi
ini merupakan rutinitas berpikir untuk merangsang keingintahuan siswa dalam
pembelajaran. Ada tiga pertanyaan dasar yang bisa digunakan, yaitu:
- Apa yang kamu lihat? Pertanyaan ini mendorong siswa untuk melihat lebih dekat dengan pemaparan deskriptif terhadap gerak tari yang dilihat/diamati.
- Apa yang kamu pikirkan? Pertanyaan ini untuk merangsang pemikiran siswa tentang gerak tari yang dilihat/diamati dan mengemukakan pendapat pribadi tentang gerak tari tersebut.
- Apa yang ingin kamu ketahui? Pertanyaan ini membantu untuk mengungkapkan rasa ingin tahu siswa tentang gerak tari yang dilihat/diamati dan harapan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.
Melalui ketiga strategi ini, siswa diharapkan mampu menemukan konsep bahwa
gerak sehari-hari dan gerak tari itu berbeda, seperti yang sudah dijelaskan di pokok
bahasan materi Unit 1. Guru harus menghadirkan proses berpikir siswa agar bisa
memunculkan rasa ingin tahu tentang bagaimana caranya melakukan gerak tari.
Penyelidikan inilah yang akan menjadi penghubung dari Pertemuan 1 ke Pertemuan
2.
B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas
1. Kegiatan Awal
- Berdoa bersama.
- Menciptakan suasana menyenangkan. Guru dapat mengawali kegiatan dengan mengajukan pertanyaan di kelas tentang siapa saja yang pernah menari. Jika ada siswa yang pernah menari,
guru bisa meminta siswa tersebut untuk memperlihatkan tariannya di depan
kelas. Namun jika tidak ada, guru bisa bernyanyi sambil bertepuk tangan pada
bagian tertentu, mengangguk-anggukan kepala, memutar jari, mengangkat
kaki, dan berputar. Ajak siswa untuk mengikuti apa yang dilakukan guru. Berikan
apresiasi pada setiap perilaku positif yang dilakukan siswa.
2. Kegiatan Inti
a. Mengamati pertunjukan tari.
Guru menyediakan dua pertunjukan yang akan diamati siswa, pertama
memperlihatkan gerak sehari-hari dan kedua memperlihatkan pertunjukan tari.
Kegiatan ini bisa menggunakan video, memanggil penari tamu/siswa yang
memiliki bakat menari, atau guru yang berperan sebagai penari. Gerak seharihari yang ditunjukkan berupa
- gerak berjalan,
- gerak menengok,
- gerak melompat, dan
- gerak menggeleng-gelengkan kepala.
- makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan, dan
- lingkungan sekitar
Tema-tema di atas dipilih karena merupakan tema yang mudah dicerna oleh
siswa kelas 1 SD. Ditambah lagi, tema-tema tersebut cenderung memiliki gerak
tari sederhana yang mudah dipahami karena bersifat maknawi atau jelas seperti
objeknya. Kegiatan pengamatan pada Pertemuan 1 ini akan diklasifikasikan
berdasarkan pilihan guru:
Guru bisa memilih dari opsi media pengajaran yang ada pada Tabel 2, atau jika ada, guru dapat menggunakan media sendiri untuk digunakan di kelas, sesuai dengan kreativitas dan kondisi kelas. Bagi guru yang berperan sebagai penari dan mencontohkan tari secara langsung, berikut adalah beberapa contoh panduan koreografi yang menggunakan referensi lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” ciptaan Ibu Sud, yang bertema lingkungan sekitar. Referensi lainnya adalah lagu “Burung Kutilang” ciptaan Ibu Sud, yang bertemakan hewan dan tumbuhan.
KOREOGRAFI 1
Kebutuhan yang disiapkan adalah
- menghafal lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”, dan
- menari dengan menyanyikan lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”
Tik Tik Bunyi Hujan
- Tik tik tik bunyi hujan di atas genting Airnya turun tidak terkira Cobalah tengok dahan dan ranting Pohon dan kebun basah semua
- Tik tik tik bunyi hujan bagai bernyanyi Saya dengarkan tidaklah jemu Kebun dan jalan semua sunyi Tidak seorang berani lalu
- Tik tik tik hujan turun dalam selokan Tempatnya itik berenang-renang Bersenda gurau meyelam-nyelam Karena hujan berenang-renang
KOREOGRAFI 2
Kebutuhan yang disiapkan adalah
- menghafal lagu “Burung Kutilang”; dan
- menari dengan menyanyikan lagu “Burung Kutilang”
Burung Kutilang
- Di pucuk pohon cemara Burung kutilang berbunyi Bersiul, siul sepanjang hari Dengan tak jemu jemu Mengangguk angguk sambil berseru Tri Lili lili lili lililili
- Sambil berlompat lompatan Paruhnya selalu terbuka Di Geleng - gelengkan kepalanya Menentang langit biru Tandanya suka ia berseru Tri Lili lili lili lililili
Ajak siswa untuk menjawab pertanyaan menggunakan media gambar atau
dengan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’. Gunakan kata kunci untuk menjawabnya:
- Apa yang kamu lihat? Aku lihat………
- Apa yang kamu pikirkan? Aku berpikir………..
- Apa yang ingin kamu ketahui? Aku ingin tahu…………...
Jika guru memilih cara berdiskusi menggunakan media lisan, guru bisa
meminta siswa untuk mengingat apa saja yang sudah ditemukan dari proses
pengamatan tari. Pastikan siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan
kata kunci di atas
Berdasarkan pemaparan pembelajaran berbasis inkuiri, guru harus kreatif
membuat skenario berupa pertanyaan seolah-olah siswa menemukan jawabanjawaban dari pertanyaan tersebut. Padahal sesungguhnya, guru sedang
mengarahkan agar siswa mengamati hal-hal seperti Tabel 1.4, di bawah ini.
Namun, bagaimana jika jawaban seperti di bawah ini tidak terpikirkan oleh
siswa? guru bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk menggali
proses berpikir anak, sampai mereka menemukan jawaban seperti ini dengan
bahasa siswa yang sederhana
Setelah itu, guru berdiskusi dengan siswa untuk menjawab pertanyaan bersama-sama, sambil guru mencatat jawaban siswa di papan tulis. Guru mencatat garis besar dari jawaban siswa di papan tulis.
Setelah melakukan tanya jawab tentang gambar gerak sehari-hari, ajak siswa untuk mengamati pertunjukan tari dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” dan “Burung Kutilang”. Instruksikan hal yang sama, yaitu dengan menggunakan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’. Gunakan kata kunci untuk menjawabnya:
- Apa yang kamu lihat? Aku lihat……...
- Apa yang kamu pikirkan? Aku berpikir………..
- Apa yang ingin kamu ketahui? Aku ingin tahu…………...
c. Membagi siswa berpasangan /kelompok
Untuk mendiskusikan tarian ini, guru memberikan variasi diskusi agar pembelajaran
menjadi lebih menarik, seperti meminta siswa untuk menyampaikan jawaban
mereka dengan cara berpasangan atau kelompok. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut:
- Bagi siswa menjadi beberapa pasan/kelompok.
- Berikan pertanyaan pertama, yaitu “Apa yang kamu lihat?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian.
- Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan pertama.
- Berikan pertanyaan kedua, yaitu “Apa yang kamu pikirkan?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian.
- Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan kedua.
- Berikan pertanyaan kedua, yaitu “Apa yang ingin kamu ketahui?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian.
- Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan ketiga.
- Guru mencatat garis besar dari jawaban kelompok siswa di papan tulis
Setelah semua hasil pengamatan siswa sudah didiskusikan bersama, guru
dapat memaparkan perbedaan antara gerak sehari-hari dengan gerak tari yang
sudah diamati. Kesimpulan yang didapat dari hasil diskusi dan pengamatan
adalah gerak sehari-hari merupakan gerak keseharian yang dilakukan karena
kebutuhan manusia untuk hidup. Sementara gerak tari merupakan gerak seharihari yang memiliki irama dan dibentuk agar menjadi indah. Seperti gerak pada
pertunjukan tari “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Gunakan bahasa
sederhana agar dapat dipahami siswa dengan mudah. Untuk memperluas
wawasan atau mendalami pokok bahasan, guru bisa membaca lagi materi ini di
Pokok Singkat Bahasan Materi Unit Pembelajaran 1 pada halaman 19.
3. Kegiatan Penutup
Guru memberikan kesimpulan singkat dari hasil diskusi siswa melalui media
papan tulis atau lisan. Guru mengulang kembali hasil jawaban siswa tentang
jenis gerak dan perbedaannya. Akhiri kegiatan dengan merangsang proses
berpikir siswa melalui pertanyaan “Bagaimana cara melakukan gerak tari?”,
lalu ajak siswa untuk mencari tahu bersama-sama jawabannya di pertemuan
selanjutnya. Pada Pertemuan 1 ini, proses penilaian sudah bisa dilakukan
menggunakan catatan anekdotal. Pembahasan rinci tentang penilaian akan
dijelaskan di akhir unit.
C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif
Pembelajaran alternatif digunakan sebagai pilihan jika terdapat kendala di
pembelajaran utama. Di pertemuan ini pembelajarannya merupakan proses
pengamatan, maka tentunya membutuhkan objek berupa pertunjukan untuk
mengamati gerak sehari-hari dan gerak tari.
Pembelajaran alternatif yang dapat ditawarkan adalah dengan mencari
siswa yang berbakat dalam menari dan meminta siswa untuk menarikan tarian
dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang” sesuai panduan yang ada
di buku ini. Guru juga bisa memberikan pilihan tema lain yang mudah untuk
diikuti, diamati, dan disukai oleh siswa tersebut. Berlatihlah terlebih dahulu dan
siapkan lagu/musik pengiring sebelum Pertemuan 1 ini dimulai.