Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -

Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD -  Halo sahabat Guru Merdeka!, Berikut ini dindikbud.id akan membahas mengenai Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD. 

Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak

Instruksi Pembelajaran

Guru mengajak siswa untuk mengapresiasi/mengamati contoh video tari atau menonton langsung tarian yang diperagakan penari atau guru untuk menemukan perbedaan gerak sehari-hari dan gerak tari.


A. Persiapan Mengajar

Mengaplikasikan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’ (See-Think-Wonder). Strategi ini merupakan rutinitas berpikir untuk merangsang keingintahuan siswa dalam pembelajaran. Ada tiga pertanyaan dasar yang bisa digunakan, yaitu:

  1. Apa yang kamu lihat? Pertanyaan ini mendorong siswa untuk melihat lebih dekat dengan pemaparan deskriptif terhadap gerak tari yang dilihat/diamati. 
  2. Apa yang kamu pikirkan? Pertanyaan ini untuk merangsang pemikiran siswa tentang gerak tari yang dilihat/diamati dan mengemukakan pendapat pribadi tentang gerak tari tersebut. 
  3. Apa yang ingin kamu ketahui? Pertanyaan ini membantu untuk mengungkapkan rasa ingin tahu siswa tentang gerak tari yang dilihat/diamati dan harapan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. 
Melalui ketiga strategi ini, siswa diharapkan mampu menemukan konsep bahwa gerak sehari-hari dan gerak tari itu berbeda, seperti yang sudah dijelaskan di pokok bahasan materi Unit 1. Guru harus menghadirkan proses berpikir siswa agar bisa memunculkan rasa ingin tahu tentang bagaimana caranya melakukan gerak tari. Penyelidikan inilah yang akan menjadi penghubung dari Pertemuan 1 ke Pertemuan 2.

B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas

1. Kegiatan Awal

  • Berdoa bersama. 
  • Menciptakan suasana menyenangkan. Guru dapat mengawali kegiatan dengan mengajukan pertanyaan di kelas tentang siapa saja yang pernah menari. Jika ada siswa yang pernah menari,
guru bisa meminta siswa tersebut untuk memperlihatkan tariannya di depan kelas. Namun jika tidak ada, guru bisa bernyanyi sambil bertepuk tangan pada bagian tertentu, mengangguk-anggukan kepala, memutar jari, mengangkat kaki, dan berputar. Ajak siswa untuk mengikuti apa yang dilakukan guru. Berikan apresiasi pada setiap perilaku positif yang dilakukan siswa.

2. Kegiatan Inti

a. Mengamati pertunjukan tari.

Guru menyediakan dua pertunjukan yang akan diamati siswa, pertama memperlihatkan gerak sehari-hari dan kedua memperlihatkan pertunjukan tari. Kegiatan ini bisa menggunakan video, memanggil penari tamu/siswa yang memiliki bakat menari, atau guru yang berperan sebagai penari. Gerak seharihari yang ditunjukkan berupa
  1. gerak berjalan, 
  2. gerak menengok, 
  3. gerak melompat, dan 
  4. gerak menggeleng-gelengkan kepala. 
Prosedur Kegiatan Pembelajaran Koordinasi Gerak, Seni Tari Kelas 1 SD

Tema pertunjukkan tari yang direkomendasikan adalah
  1. makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan, dan 
  2. lingkungan sekitar
Tema-tema di atas dipilih karena merupakan tema yang mudah dicerna oleh siswa kelas 1 SD. Ditambah lagi, tema-tema tersebut cenderung memiliki gerak tari sederhana yang mudah dipahami karena bersifat maknawi atau jelas seperti objeknya. Kegiatan pengamatan pada Pertemuan 1 ini akan diklasifikasikan berdasarkan pilihan guru:


Guru bisa memilih dari opsi media pengajaran yang ada pada Tabel 2, atau jika ada, guru dapat menggunakan media sendiri untuk digunakan di kelas, sesuai dengan kreativitas dan kondisi kelas. Bagi guru yang berperan sebagai penari dan mencontohkan tari secara langsung, berikut adalah beberapa contoh panduan koreografi yang menggunakan referensi lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” ciptaan Ibu Sud, yang bertema lingkungan sekitar. Referensi lainnya adalah lagu “Burung Kutilang” ciptaan Ibu Sud, yang bertemakan hewan dan tumbuhan. 

KOREOGRAFI 1

Kebutuhan yang disiapkan adalah
  1. menghafal lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”, dan 
  2. menari dengan menyanyikan lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”

Tik Tik Bunyi Hujan

  1. Tik tik tik bunyi hujan di atas genting Airnya turun tidak terkira Cobalah tengok dahan dan ranting Pohon dan kebun basah semua
  2. Tik tik tik bunyi hujan bagai bernyanyi Saya dengarkan tidaklah jemu Kebun dan jalan semua sunyi Tidak seorang berani lalu
  3. Tik tik tik hujan turun dalam selokan Tempatnya itik berenang-renang Bersenda gurau meyelam-nyelam Karena hujan berenang-renang

KOREOGRAFI 2

Kebutuhan yang disiapkan adalah
  1. menghafal lagu “Burung Kutilang”; dan 
  2. menari dengan menyanyikan lagu “Burung Kutilang”

Burung Kutilang

  1. Di pucuk pohon cemara Burung kutilang berbunyi Bersiul, siul sepanjang hari Dengan tak jemu jemu Mengangguk angguk sambil berseru Tri Lili lili lili lililili
  2. Sambil berlompat lompatan Paruhnya selalu terbuka Di Geleng - gelengkan kepalanya Menentang langit biru Tandanya suka ia berseru Tri Lili lili lili lililili


b. Guru dan siswa berdiskusi

Ajak siswa untuk menjawab pertanyaan menggunakan media gambar atau dengan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’. Gunakan kata kunci untuk menjawabnya: 
  • Apa yang kamu lihat? Aku lihat……… 
  • Apa yang kamu pikirkan? Aku berpikir……….. 
  • Apa yang ingin kamu ketahui? Aku ingin tahu…………...
Jika guru memilih cara berdiskusi menggunakan media lisan, guru bisa meminta siswa untuk mengingat apa saja yang sudah ditemukan dari proses pengamatan tari. Pastikan siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan kata kunci di atas

Berdasarkan pemaparan pembelajaran berbasis inkuiri, guru harus kreatif membuat skenario berupa pertanyaan seolah-olah siswa menemukan jawabanjawaban dari pertanyaan tersebut. Padahal sesungguhnya, guru sedang mengarahkan agar siswa mengamati hal-hal seperti Tabel 1.4, di bawah ini. Namun, bagaimana jika jawaban seperti di bawah ini tidak terpikirkan oleh siswa? guru bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk menggali proses berpikir anak, sampai mereka menemukan jawaban seperti ini dengan bahasa siswa yang sederhana


Setelah itu, guru berdiskusi dengan siswa untuk menjawab pertanyaan bersama-sama, sambil guru mencatat jawaban siswa di papan tulis. Guru mencatat garis besar dari jawaban siswa di papan tulis.


Setelah melakukan tanya jawab tentang gambar gerak sehari-hari, ajak siswa untuk mengamati pertunjukan tari dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” dan “Burung Kutilang”. Instruksikan hal yang sama, yaitu dengan menggunakan strategi ‘Lihat-Pikir-Bertanya’. Gunakan kata kunci untuk menjawabnya:
  • Apa yang kamu lihat? Aku lihat……... 
  • Apa yang kamu pikirkan? Aku berpikir……….. 
  • Apa yang ingin kamu ketahui? Aku ingin tahu…………...

c. Membagi siswa berpasangan /kelompok

Untuk mendiskusikan tarian ini, guru memberikan variasi diskusi agar pembelajaran menjadi lebih menarik, seperti meminta siswa untuk menyampaikan jawaban mereka dengan cara berpasangan atau kelompok. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 
  1. Bagi siswa menjadi beberapa pasan/kelompok. 
  2. Berikan pertanyaan pertama, yaitu “Apa yang kamu lihat?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian. 
  3. Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan pertama. 
  4. Berikan pertanyaan kedua, yaitu “Apa yang kamu pikirkan?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian. 
  5. Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan kedua.
  6. Berikan pertanyaan kedua, yaitu “Apa yang ingin kamu ketahui?” dan mempersilakan siswa menjawab secara bergantian.
  7. Minta setiap pasangan/kelompok untuk menceritakan hasil diskusi dari pertanyaan ketiga.
  8. Guru mencatat garis besar dari jawaban kelompok siswa di papan tulis

d. Menjelaskan perbedaan hasil pengamatan

Setelah semua hasil pengamatan siswa sudah didiskusikan bersama, guru dapat memaparkan perbedaan antara gerak sehari-hari dengan gerak tari yang sudah diamati. Kesimpulan yang didapat dari hasil diskusi dan pengamatan adalah gerak sehari-hari merupakan gerak keseharian yang dilakukan karena kebutuhan manusia untuk hidup. Sementara gerak tari merupakan gerak seharihari yang memiliki irama dan dibentuk agar menjadi indah. Seperti gerak pada pertunjukan tari “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang”. Gunakan bahasa sederhana agar dapat dipahami siswa dengan mudah. Untuk memperluas wawasan atau mendalami pokok bahasan, guru bisa membaca lagi materi ini di Pokok Singkat Bahasan Materi Unit Pembelajaran 1 pada halaman 19.

3. Kegiatan Penutup 

Guru memberikan kesimpulan singkat dari hasil diskusi siswa melalui media papan tulis atau lisan. Guru mengulang kembali hasil jawaban siswa tentang jenis gerak dan perbedaannya. Akhiri kegiatan dengan merangsang proses berpikir siswa melalui pertanyaan “Bagaimana cara melakukan gerak tari?”, lalu ajak siswa untuk mencari tahu bersama-sama jawabannya di pertemuan selanjutnya. Pada Pertemuan 1 ini, proses penilaian sudah bisa dilakukan menggunakan catatan anekdotal. Pembahasan rinci tentang penilaian akan dijelaskan di akhir unit.

C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif 

Pembelajaran alternatif digunakan sebagai pilihan jika terdapat kendala di pembelajaran utama. Di pertemuan ini pembelajarannya merupakan proses pengamatan, maka tentunya membutuhkan objek berupa pertunjukan untuk mengamati gerak sehari-hari dan gerak tari. 

Pembelajaran alternatif yang dapat ditawarkan adalah dengan mencari siswa yang berbakat dalam menari dan meminta siswa untuk menarikan tarian dari lagu “Tik Tik Bunyi Hujan” atau “Burung Kutilang” sesuai panduan yang ada di buku ini. Guru juga bisa memberikan pilihan tema lain yang mudah untuk diikuti, diamati, dan disukai oleh siswa tersebut. Berlatihlah terlebih dahulu dan siapkan lagu/musik pengiring sebelum Pertemuan 1 ini dimulai. 
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!