Prosedur pembelajaran 3 Eksplorasi Gerak Anggota Tubuh, Seni tari Kelas 1

Pasti Untung
By -
Prosedur pembelajaran 3 Eksplorasi Gerak Anggota Tubuh, Seni tari Kelas 1

Prosedur pembelajaran 3 Eksplorasi Gerak Anggota Tubuh, Seni tari Kelas 1 - Halo Sahabat Guru Merdeka dindikbud.id. Kali ini kami akan membagikan pembahasan mengenai Prosedur pembelajaran 3 Eksplorasi Gerak Anggota Tubuh, Seni tari Kelas 1 SD. Pembelajaran kali ini dilaksanakan dengan Durasi : 2 x 35 menit.

Prosedur pembelajaran 3 Eksplorasi Gerak Anggota Tubuh

Instruksi Pembelajaran 

Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi gerak anggota tubuh dengan mengikuti instruksi guru.

A. Persiapan Mengajar

Pada Pertemuan 3, perlahan-lahan siswa diharapkan sudah dapat menemukan jawaban atas proses berpikir yang sudah dilakukan di pertemuan sebelumnya. Dalam proses inkuiri di Pertemuan 3 ini sudah masuk ke dalam kegiatan mencari jawaban dari pertanyaan yang dibuat bersama sebagai konsep yang akan digunakan di Unit 1. Pada Pertemuan 3, siswa akan belajar tentang eksplorasi gerak. Eksplorasi adalah proses pencarian dengan cara melihat, mendengar, merasakan, mencium, dan melakukan sesuatu melalui panca indra. 

Dalam hal ini, guru dan siswa bersama-sama melakukan eksplorasi bagian anggota tubuh yang bisa bergerak. Kemudian siswa diharapkan mampu menceritakan pengalam pribadinya dalam melakukan proses eksplorasi gerak anggota tubuh. Persiapan yang harus dilakukan guru adalah mencari tempat kosong untuk bergerak bersama-sama, misalnya dengan menggeser kursi dan meja kelas ke salah satu sisi, atau menggunakan aula dan lapangan. 

Fungsi tempat kosong untuk memberikan ruang kepada siswa dan guru dalam bergerak. Kenakan pakaian yang nyaman untuk bergerak dan siapkan juga botol minum. Untuk sekolah yang memiliki lagu dan alat pemutar musik, sangat dianjurkan untuk digunakan pada pertemuan ini. Namun jika tidak ada, guru dapat menggunakan irama hitungan atau lagu yang dinyanyikan langsung oleh guru bersama dengan siswa sebagai pengiring.


B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas

1. Kegiatan Awal

a. Berdoa 

b. Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan 

Buka kegiatan dengan bernyanyi lagu “Burung Kutilang” atau “Tik Tik Bunyi Hujan” bersama-sama, kemudian guru menuliskan kembali pertanyaan di papan tulis, yaitu “Bagaimana cara anggota tubuh kita bergerak?” kemudian ulas kembali tentang kegiatan sudah dilakukan sejak Pertemuan 1 dengan bertanya kepada siswa tentang apa saja yang sudah dilakukan sejak pertemuan sebelumnya dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berkembang seiring jawaban siswa. Ajak siswa untuk cari jawaban bersama-sama dengan melakukan gerak. 

c. Pemanasan 

Pilih jenis gerak yang disukai siswa sebagai materi pemanasan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri dan tubuh siswa, yang mulanya dari gerak sehari-hari ke bentuk latihan anggota tubuh. Memilih gerak yang disukai siswa bisa membuat siswa menghafal gerak dengan lancar dan iringan musik sebagai cara untuk menanamkan rasa irama. 

2. Kegiatan Inti

a. Melakukan gerak sesuai irama musik 

Buat suasana yang menyenangkan dengan membunyikan musik yang ritmis dan ajak siswa untuk bergerak sesuai irama. Setelah itu, instruksikan semua siswa untuk membuat lingkaran besar dan guru berada di tengahnya sebagai pemegang instruksi.


Instruksikan siswa untuk mengikuti apa yang diucapkan dan yang digerakkan oleh guru. Mulai gerak dari bagian tubuh atas sampai ke bawah. Maksimalkan gerakan ke segala arah 
  1. gerakan kepala (tengok, atas bawah, putar, dan patah kanan kiri), 
  2. gerakan alis, mata, hidung, dan mulut,
  3. gerakan bahu, dan perut, 
  4. gerakan tangan dan jari, 
  5. gerakan pinggang, pinggul, dan 
  6. gerakan kaki dan jari. 

Gerakan dapat diulang secara berurutan atau acak sesuai kreativitas guru. Tambahkan hitungan atau musik sebagai iringan agar suasana menyenangkan. Beri jeda untuk istirahat, setelah itu guru membagi kelompok besar, seperti lima hingga delapan siswa per kelompok untuk membentuk lingkaran.



Guru tidak perlu ikut dalam lingkaran, peran guru hanya memberikan instruksi saja. Siswa mendengarkan dan melakukan gerak sesuai instruksi guru. Jika siswa dirasa sudah bisa, maka berikan tantangan, yaitu mulai menggabungkan dua gerakkan dalam instruksinya, contohnya: 
  1. Gerak tangan dan bahu 
  2. Gerak kaki dan pinggul 
  3. Gerak perut dan jari 
  4. Gerak mata dan tangan 
  5. Gerak bahu dan kaki

Pastikan penggabungan gerak anggota tubuh ini relevan atau bisa digerakkan. Jangan sampai instruksi guru menyulitkan siswa untuk menggerakkannya. Tidak ada yang salah dan benar dalam kegiatan ini, biarkan semua gerak yang muncul dari siswa adalah gerak yang berasal dari kreativitas siswa dan selalu berikan respon positif pada perilaku siswa. Setelah kegiatan ini selesai, ajak siswa untuk berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang sebelumnya telah ditulis di papan tulis, yaitu “Bagaimana cara tubuh kita melakukan gerak tari?”. 


b. Guru dan siswa berdiskusi 

Biarkan siswa duduk dalam kelompok bergeraknya yang terdiri dari lima hingga delapan orang tadi. Tanyakan kembali tentang bagaimana cara tubuh kita melakukan gerak tari, lalu kembangkan pertanyaan untuk menggali jawaban siswa lebih dalam. Ciri khas pembelajaran inkuiri adalah kekuatan pertanyaan yang diajukan harus tepat sasaran, menarik, dan membangkitkan proses berpikir yang dalam. Contoh pertanyaan ada di tabel berikut ini: 


Tentunya jumlah pertanyaan ini bisa disesuaikan dengan kondisi yang ditemukan guru di kelas. Guru lebih tahu berapa pertanyaan yang bisa digunakan dalam Tabel 1.7. Bahkan guru juga bisa membuat pertanyaan sendiri sesuai dengan kondisi. Inti dari diskusi pada kegiatan ini yaitu guru mengajak siswa untuk menemukan konsep bahwa hampir semua anggota tubuh manusia bisa bergerak, seperti kepala, alis, mata, hidung, mulut, bahu, perut, lengan, jari tangan, pinggang, pinggul, dan kaki. 

Anggota tubuh ini menjadi dasar untuk membuat gerakan dalam tari, dengan cara menggabungkan dan menggerakkannya secara bersamaan atau bergerak bergantian. Untuk menjawab pertanyaan dalam Tabel 1.7, instruksikan siswa untuk berdiskusi dalam kelompok. Berikan waktu untuk berdiskusi dan berikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman pribadinya. 

Berikut ini adalah daftar kemungkinan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini:


3. Kegiatan Penutup

Buat kesimpulan dari hasil diskusi dengan menjawab pertanyaan besar yang telah dikemukakan di awal kegiatan, yaitu “Bagaimana cara anggota tubuh bergerak?”. Jelaskan pada siswa bahwa cara menggerakkan anggota tubuh adalah dengan menggerakkan tubuh sesuai keinginan, dan arahkan ke berbagai arah seperti yang tadi sudah dicoba bersama-sama. 

Ditambah lagi, ternyata gerakan bisa juga digabungkan, seperti kegiatan tadi saat siswa melakukan penggabungan gerak dengan dua anggota tubuh. Ada yang digerakan bersamaan, ada juga yang bergantian. Anggota tubuh inilah yang menjadi dasar untuk membuat gerakan dalam tari. Sampaikan kesimpulan ini dengan bahasa sederhana agar mudah dipahami. 

Kemudian, ajak siswa untuk eksplorasi gerak anggota tubuh dengan menggabungkan anggota tubuh bagian atas dan bawah atau bagian kanan dan kiri, menggunakan hitungan atau musik sebagai pengiring di pertemuan selanjutnya. 

Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!