Kegiatan 3 Waktunya Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka?
Pada kegiatan 2 ini, memiliki Tujuan kegiatan : Siswa mampu mementaskan pertunjukan drama sederhana di depan kelas. Elemen : Menciptakan, berdampak. Subelemen : Mengenal ruang dan waktu, pertunjukan. Alokasi waktu : 4×35 menit.
Kegiatan 3 Waktunya Pentas
A. Persiapan Mengajar
Pada kegiatan di akhir unit dan buku ini, Sahabat Guru akan mengajak siswa
melakukan pementasan drama di depan kelas. Untuk itu, Sahabat Guru perlu
menyiapkan ruang pentas sederhana dan menata posisi penonton dengan baik.
Siapkanlah ruang pentas yang lebih baik dibandingkan dengan latihan dalam
kegiatan-kegiatan sebelumnya.
Undilah urutan penampilan kelompok, berilah jeda
waktu antarpementasan kelompok yang cukup untuk menyiapkan aspek artistik,
dan ajaklah siswa memberikan balikan positif dengan bertepuk tangan setiap ada
kelompok yang selesai tampil. Jika memungkinkan, undanglah orang tua/wali siswa
untuk menonton pertunjukan putra-putrinya.
B. Pelaksanaan Pengajaran
Pada kegiatan ini, Sahabat Guru akan memandu siswa melakukan pementasan
sederhana. Siswa diharapkan bisa percaya diri bermain peran dengan gerak, emosi,
dan suara yang sesuai dengan perannya.
1. Kegiatan Pembukaan
Pengantar dan Pengaturan Kelas
Pada awal pertemuan, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan beberapa hal
kepada siswa, antara lain tujuan kegiatan pembelajaran kali ini, pentingnya kerja
sama dalam kelompok, dan ekspektasi penilaian yang akan dilakukan melalui
penilaian keterampilan dan penilaian sikap. Sahabat Guru juga bisa menjelaskan
peraturan selama pembelajaran seni teater dan menyepakati peraturan yang sudah
disiapkan bersama siswa.
Pemanasan
Sahabat Guru, kegiatan pemanasan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tubuh
siswa sebelum melakukan pementasan. Kegiatan ini difokuskan pada pelemasan
tubuh dan vokal sehingga diharapkan nantinya akan memacu semangat dan
memudahkan siswa mengucapkan dialog, bergerak, dan berekspresi di panggung.
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
- Bentuklah formasi melingkar sesuai dengan kondisi ruangan. Sahabat Guru berada di tengah lingkaran.
- Pandulah siswa menggerakkan seluruh bagian tubuhnya secara bergantian seperti gerakan senam.
- Ajaklah siswa berlatih olah vokal dengan mengucapkan /a, i, u, e, o/ dengan berbagai variasi: sekali hentak, panjang, suara lirih, dan suara keras.
2.Kegiatan Inti
Persiapan Pementasan
Sahabat Guru, sebelum pementasan dilakukan, berilah waktu kira-kira 10–20 menit
kepada tiap-tiap kelompok untuk mempersiapkan diri. Berikut ini adalah hal-hal
yang perlu Sahabat Guru lakukan.
- Pandulah siswa untuk berbaur dengan kelompoknya masing-masing.
- Mintalah tiap-tiap kelompok menyiapkan properti dan memakai kostum.
- Undilah urutan penampilan tiap-tiap kelompok.
- Ajaklah semua kelompok berdoa bersama sebelum pementasan dimulai.
Pementasan Drama Kelas
Sahabat Guru, kegiatan ini merupakan kegiatan akhir unit ini, yaitu mementaskan
naskah drama sederhana secara berkelompok. Hal-hal yang perlu Sahabat Guru
perhatikan antara lain aspek kekompakan, artistik, kostum, ekspresi, dan blocking.
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut
- Pandulah kelompok yang mendapat giliran tampil. Ajaklah kelompok penonton untuk bersikap baik dan menghargai dengan memberikan tepuk tangan tiap kali ada kelompok yang selesai tampil. Sahabat Guru bisa bertindak sebagai pembawa acara.
- Berilah jeda waktu kira-kira 5 menit untuk kelompok yang akan tampil guna mempersiapkan properti di panggung.
- Hendaknya dokumentasikanlah pementasan setiap kelompok dalam bentuk foto atau video.
- Lakukanlah kegiatan ini sampai semua kelompok mendapat giliran tampil.
3. Kegiatan Penutup
Setelah semua kelompok mendapat giliran tampil, bentuklah formasi melingkar, lalu
duduklah di tengah-tengah siswa. Sahabat Guru boleh menjelaskan secara singkat
materi pementasan naskah drama sederhana. Berilah siswa kesempatan untuk
menyampaikan perasaan mereka setelah melakukan pementasan drama. Terakhir,
ajukanlah beberapa pertanyaan refleksi berikut ini kepada siswa:
- Apa hal menarik yang kamu rasakan saat berada di panggung?
- Adakah kesulitan saat memerankan karakter di panggung? Jika ada, mengapa?
Sahabat Guru juga dapat menayangkan dokumentasi foto atau video pementasan
drama sebagai bahan refleksi bagi siswa.
C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif
Sahabat Guru, lakukanlah kegiatan alternatif berikut ini jika ada siswa atau
kelompok yang merasa kesulitan mengikuti kegiatan kali ini. Jika ada siswa yang
tidak mempunyai kemampuan dan kemauan tampil sebagai aktor, berikanlah
aktivitas alternatif yang bisa dilakukan untuk mendukung pementasan, misalnya
mendokumentasikan pementasan, membantu menyiapkan artistik panggung, dan
sebagainya