Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -
Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan

Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka?

Pada kegiatan 2 ini, memiliki Tujuan kegiatan : Siswa mampu menggunakan properti sesuai dengan peran. Elemen : Menciptakan, berpikir kritis, dan bekerja artistik. Subelemen : Imajinasi, mengenal ruang dan waktu. Alokasi waktu : 5×35 menit.


Kegiatan 2 Menyiapkan Properti Pentas

A. Persiapan Mengajar 

Pada kegiatan ini, Sahabat Guru bisa menyiapkan beberapa barang bekas untuk dijadikan properti, misalnya kardus, karton, dan karet gelang. Sahabat Guru juga bisa mengingatkan siswa terhadap tugas pada pertemuan sebelumnya yang memintanya membawa properti/kostum. 

Setelah itu, siswa bisa diajak untuk membuat properti dari kardus atau karton bekas, lalu berlatih dengan memakai properti/kostum tersebut. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran ini, siapkanlah beberapa hal berikut ini agar pembelajaran nantinya dapat terlaksana secara maksimal. 
  1. Pastikanlah siswa sudah berbaur dengan kelompoknya masing-masing. 
  2. Sediakan atau mintalah siswa membawa alat-alat yang diperlukan untuk membuat properti dari barang bekas, misalnya gunting, isolasi, dan lem. 
  3. Dampingilah tiap-tiap kelompok untuk menentukan dan membuat properti pementasan yang diperlukan.

B. Pelaksanaan Pengajaran 

Sahabat Guru, kegiatan ini adalah persiapan pementasan sederhana. Tujuannya adalah agar siswa mampu menggunakan properti sesuai dengan perannya.


1.Kegiatan Pembukaan

Pengantar dan Pengaturan Kelas

Pada awal pertemuan, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini kepada siswa. Jelaskan bahwa kegiatan ini masih dilakukan secara berkelompok. Selanjutnya, tiap kelompok bisa menyiapkan atau membuat properti dan kostum yang akan digunakan dalam pementasan. Setelah itu, setiap kelompok boleh berlatih memerankan karakter dengan menggunakan properti dan kostum yang sudah disiapkan atau dibuat.

Pemanasan

Sahabat Guru, kegiatan pemanasan ini difokuskan pada pelemasan tubuh dan vokal sehingga diharapkan akan memacu semangat serta mempermudah siswa mengucapkan dialog, bergerak, dan berekspresi. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Bentuklah formasi melingkar sesuai dengan kondisi ruangan. Sahabat Guru berada di tengah lingkaran.
  2. Pandulah siswa menggerakkan seluruh bagian tubuhnya secara bergantian seperti gerakan senam. 
  3. Ajaklah siswa berlatih olah vokal, misalnya dengan mengucapkan kata atau kalimat: “Pergi!”, “Aku tidak mau!”, “Di mana kucing kesukaanku?”, “Jangan masuk ke situ!”, dan sebagainya. Ucapkan dengan berbagai variasi volume dan emosi.

2.Kegiatan Inti

Sahabat Guru, ada tiga kegiatan pada kegiatan inti ini. Kegiatan tersebut meliputi pembuatan kostum, pembuatan properti, dan bermain peran dengan properti dan kostum yang sudah dibuat

Ayo Membuat Topeng!

Sahabat Guru, pembelajaran ini difokuskan pada kegiatan siswa mempersiapkan properti untuk kelompoknya masing-masing. Kegiatan ini diharapkan akan memunculkan daya kreativitas siswa dalam menciptakan aspek artistik dalam bentuk properti topeng yang digunakan saat pentas. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Sediakanlah beberapa lembar kertas karton. Potong kertas karton dalam bentuk oval atau menyerupai bentuk wajah karakter yang akan diperankan.
  2. Tentukanlah jenis topeng yang akan dibuat sesuai cerita yang akan ditampilkan, misalnya manusia (anak-anak, remaja, orang tua), binatang (monyet, kucing, anjing), dan lain-lain.
  3. Gambarlah wajah karakter yang akan diperankan secara sederhana, lalu lubangi bagian mata, hidung, dan mulut. 
  4. Tambahkan tali di bagian samping untuk mengikatkan topeng ke telinga. 
  5. Ajaklah siswa memakai topeng dan melakukan gerakan sesuai dengan karakter topeng yang dipakai. 
  6. Dampingilah tiap-tiap kelompok untuk mengembangkan cerita sesuai dengan karakter siswa dan kelompok.
Ayo Membuat Kostum!

Sahabat Guru, pembelajaran ini difokuskan pada kegiatan siswa mempersiapkan properti untuk kelompoknya masing-masing. Kegiatan ini diharapkan akan memunculkan daya kreativitas siswa dalam menciptakan aspek artistik dalam bentuk properti kostum yang digunakan saat pentas. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Sediakan beberapa lembar kertas koran, kertas karton, dan kantong plastik. Siapkan pula spidol, lem, dan stapler. Potong bahan (kertas koran, kertas karton, dan kantong plastik) sesuai dengan bagian tubuh yang akan ditutupi kostum, misalnya untuk baju/rompi, penutup celana, penutup lengan atas, topi, daun, ekor, dan sebagainya. 
  2. Tentukanlah rancangan bentuk kostum untuk tiap-tiap tokoh sesuai cerita yang akan ditampilkan. 
  3. Berikanlah hiasan pada kostum yang sudah dibuat, bisa digambari dengan spidol atau ditempeli kertas berwarna.
  4. Jika perlu, tambahkanlah tali pada kostum agar dapat menempel dengan baik di tubuh pemeran. 
  5. Ajaklah siswa memakai kostum dan melakukan gerakan sesuai dengan karakter kostum yang dipakai. Pastikan kostum aman dipakai siswa dan tidak mudah lepas atau rusak saat dipakai

Bermain Peran dengan Properti dan Kostum 

Sahabat Guru, dalam kegiatan ini, siswa akan berlatih peran sesuai properti dan kostum yang dipakainya. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
  1. Dampingilah tiap-tiap kelompok untuk menata properti dan kostum tokoh yang diperlukan untuk berlatih. 
  2. Berilah waktu latihan kira-kira 60 menit untuk tiap-tiap kelompok. 
  3. Pastikanlah kesiapan tiap-tiap kelompok dalam mementaskan naskah drama sederhana. Jika perlu, ajaklah tiap kelompok melakukan geladi bersih.

3. Kegiatan Penutup

Seusai kegiatan pembelajaran, ajaklah siswa berkumpul dalam posisi masih berkelompok. Sahabat Guru bisa menjelaskan secara singkat materi aspek artistik pementasan berupa properti dan kostum. Berilah siswa kesempatan untuk menyampaikan perasaan mereka setelah mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran kali ini. Terakhir, ajukanlah beberapa pertanyaan refleksi berikut ini kepada siswa:
  1. Apa hal menarik yang kamu pelajari hari ini? 
  2. Properti atau kostum apa yang paling mudah dan paling sulit kamu buat? 
  3. Bagaimana perasaanmu memakai properti/kostum saat latihan? 

C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Sahabat Guru, lakukanlah kegiatan alternatif berikut ini jika ada siswa atau kelompok yang merasa kesulitan mengikuti kegiatan kali ini.
  1. Pandulah tiap-tiap kelompok untuk mengidentifikasi keperluan properti dan kostum yang dibutuhkan untuk pementasan. 
  2. Dampingilah tiap-tiap kelompok saat membuat properti dan kostum.
  3. Jika ada kelompok yang belum rampung atau belum lengkap membuat properti dan kostum, jadikan tugas rumah dan mintalah agar dibawa pada pertemuan berikutnya. 
  4. Pastikanlah pada akhir kegiatan ini semua kelompok sudah geladi bersih. 
  5. Lakukan langkah pembelajaran yang sama dengan langkah yang telah dipaparkan.
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!