Kegiatan 1 Menirukan Karakter, Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 1 Menirukan Karakter, Seni Teater Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka?
Kegiatan 1 Menirukan Karakter, Seni Teater Kelas 1
A. Persiapan Mengajar
Halo, Sahabat Guru! Sebelum memulai pembelajaran pada kegiatan ini, yuk
persiapkan beberapa hal berikut ini agar pembelajaran bisa terlaksana secara
maksimal!
- Bacalah Bahan Bacaan Guru terlebih dahulu!
- Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. Sahabat Guru juga bisa mengajak siswa ke luar kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran ini, misalnya belajar di lapangan.
- Pelajari dan amatilah gambar dan foto yang ada di lampiran. Nantinya, peristiwa dalam gambar dan foto itu akan ditirukan siswa, lalu tambahkan situasi yang relevan sehingga peran dalam gambar dan foto tersebut akan bergerak. Sebagai contoh, ada gambar peristiwa makan malam keluarga, lalu berikan suasana ada kucing yang melompat ke meja makan. Catatlah beberapa situasi yang akan diaplikasikan untuk gambar tersebut setelah dipraktikkan oleh siswa, misalnya: awas angin ribut, awas hujan, awas ada hantu, dan lain-lain.
B. Pelaksanaan Pengajaran
Sahabat Guru, tujuan kegiatan kali ini adalah untuk melatih siswa menirukan karakter
yang ada pada gambar serta mengenal latar (ruang dan waktu) melalui gerak tubuh
dan suara. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah imajinasi dan
kreativitas siswa.
1. Kegiatan Pembukaan
Pengantar dan Pengaturan Kelas
Pada awal pertemuan, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran
kegiatan kali ini kepada siswa. Jelaskan kepada siswa bahwa kegiatan dalam langkah
ini akan dilakukan secara berkelompok. Bagilah kelas menjadi empat kelompok
dan berikan jarak yang cukup antarkelompok. Sahabat Guru juga bisa menjelaskan
peraturan selama pembelajaran seni teater dan menyepakati peraturan yang sudah
disiapkan bersama siswa.
Pemanasan
Sebelum memasuki kegiatan inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pemanasan
berikut ini. Nama kegiatan pemanasan kali ini adalah permainan fotokopi.
Tujuannya adalah untuk melatih siswa menciptakan karakter sesuai gambar dan
foto. Kegiatan ini difokuskan pada pelemasan tubuh dan vokal sehingga diharapkan
akan memacu semangat serta memudahkan siswa mengucapkan dialog, bergerak,
dan berekspresi. Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut.
- Bagilah kelas menjadi empat kelompok. Mintalah tiap kelompok memilih satu gambar atau foto yang akan ditirukan melalui tubuh dan suara, lalu bergerak sesuai dengan situasi yang akan diberikan Sahabat Guru.
- Berilah contoh terlebih dahulu ketika menirukan salah satu peran dalam gambar atau foto. Sebagai contoh, Sahabat Guru meniru pohon (diam mematung seperti pohon), lalu tambahkan situasi awas angin sepoi-sepoi sehingga Sahabat Guru merespons dengan menggerakkan seluruh tubuh secara perlahan sambil berdialog, “Wah, segarnya udara pagi ini!”
- Pandulah tiap kelompok untuk melakukan pembagian peran berdasarkan gambar atau foto yang dipilih, lalu ajaklah mereka untuk berlatih.
- Setelah itu, mintalah tiap kelompok menampilkan pertunjukan mereka. Sahabat Guru bertugas memberikan perintah situasi setelah siswa mampu menirukan gambar atau foto melalui tubuhnya.
- Lakukanlah proses tersebut sampai semua kelompok mendapatkan giliran tampil. Hendaknya dokumentasikanlah penampilan siswa dalam bentuk foto atau video.
- Ajaklah siswa memberikan tepuk tangan setiap ada kelompok yang selesai menampilkan pertunjukan mereka sebagai bentuk apresiasi.
2.Kegiatan Inti
Sahabat Guru, dalam kegiatan inti ini, siswa akan belajar memahami urutan cerita.
Setelah melakukan kegiatan pemanasan, Sahabat Guru dapat melakukan kegiatan
berikut ini.
- Pastikanlah siswa sudah berbaur dengan kelompoknya masing-masing.
- Namailah keempat kelompok tersebut sesuai kesepakatan dengan siswa, misalnya Kelompok Musim Panas, Kelompok Musim Hujan, Kelompok Musim Dingin, dan Kelompok Musim Gugur.
- Siapkan dan pelajarilah urutan cerita berdasarkan nama kelompok yang bisa dilihat di lampiran naskah dan kegiatan pembelajaran alternatif.
- Mintalah tiap anggota kelompok bermain peran, misalnya sebagai tanaman atau binatang yang bergerak sesuai dengan musim pada kelompoknya, lengkap dengan ekspresi dan dialog.
- Dampingilah tiap-tiap kelompok untuk mengembangkan cerita.
- Berikanlah penjelasan bahwa setiap kelompok akan mendapat giliran tampil di depan kelas dan akan didokumentasikan dalam bentuk foto atau video.
- Setiap ada kelompok yang mulai tampil, ajaklah siswa penonton untuk tepuk tangan sebagai bentuk motivasi. Begitu pula setiap ada kelompok yang selesai tampil, ajaklah siswa penonton tepuk tangan sebagai perwujudan sikap menghargai sesama
3. Kegiatan Penutup
Sahabat Guru, pada akhir pembelajaran ini, mintalah siswa mengerjakan Lembar
Kerja Siswa Kegiatan 1. Setelah selesai dan dikumpulkan, berikanlah penguatan
bahwa menghargai penampilan teman/kelompok adalah perbuatan yang baik.
Berilah pengertian bahwa kerja sama dengan orang lain dalam kelompok sangat
diperlukan dalam kehidupan. Setiap orang mempunyai perbedaan dan kita harus
bisa menerima kelebihan dan kekurangannya agar bisa bekerja sama dengan
mereka. Setelah memberikan penguatan tersebut, ajukanlah pertanyaan refleksi
berikut ini:
- Bagaimana perasaanmu setelah mengikuti kegiatan ini?
- Bagaimana perasaanmu saat bekerja sama dalam kelompok?
- Apa kesulitanmu saat memerankan tokoh secara berkelompok?
- Apa kamu merasa kesulitan saat memerankan tokoh cerita?
Sahabat Guru, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja
siswa, ya!
C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif
Sahabat Guru, lakukanlah kegiatan alternatif berikut ini jika ada siswa atau kelompok
yang merasa kesulitan mengikuti kegiatan kali ini. Sebagai contoh, jika ada siswa
yang belum bisa membaca, Sahabat Guru bisa membacakan alur cerita di setiap
kelompok sambil membantu menemukan berbagai karakter dan ekspresi tokoh
dalam cerita.
Berikanlah peran yang dialognya paling sedikit untuk siswa yang
belum bisa membaca. Selain itu, Sahabat Guru bisa juga menyiapkan gambar cerita
berangkai yang akan dipraktikkan siswa melalui gerak dan suara. Beberapa contoh
gambar berangkai berikut ini bisa dijadikan model tiruan bagi siswa.