Asesmen Unit 4 Berkreasi dan Berkolaborasi, Seni Teater Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -

Asesmen Unit 4 Berkreasi dan Berkolaborasi, Seni Teater Kelas 1 SD

Asesmen Unit 4 Berkreasi dan Berkolaborasi, Seni Teater Kelas 1 SD - Sahabat Guru, pada unit ini ada dua penilaian yang diambil, yaitu penilaian keterampilan dan penilaian sikap. Lakukanlah penilaian ini pada saat dan setelah pembelajaran berlangsung.

Baca Juga: Kegiatan 3 Waktunya Pentas, Seni Teater Kelas 1 SD

Asesmen Unit 4 Berkreasi dan Berkolaborasi

A. Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan bisa digunakan Sahabat Guru untuk merekam hasil belajar siswa dalam tiga kategori, yaitu sebagai berikut. 
  1. Mulai berkembang : <60 
  2. Berkembang : 60–80 
  3. Melebihi ekspektasi : 81–100

Deskripsi

  • Mulai berkembang : Siswa mampu melakukan olah tubuh dan suara sesuai dengan peran, tetapi belum mampu menciptakan properti dan kostum sesuai peran dan belum mampu memerankan tokoh sesuai peran dalam pertunjukan di kelas. 
  • Berkembang : Siswa mampu melakukan olah tubuh dan suara sesuai dengan peran dan mampu menciptakan properti dan kostum sesuai peran, tetapi belum mampu memerankan tokoh sesuai peran dalam pertunjukan di kelas. 
  • Melebihi ekspektasi : Siswa mampu melakukan olah tubuh dan suara sesuai dengan peran, mampu menciptakan properti dan kostum sesuai peran, serta mampu memerankan tokoh sesuai peran dalam pertunjukan di kelas.
Berilah nilai yang sesuai dengan perkembangan siswa!

Sahabat Guru, penilaian sikap pada unit ini mencakup lima hal sebagai berikut.
  1. Siswa berani mencoba melakukan kegiatan olah tubuh dan suara sesuai dengan perannya.
  2. Siswa berani berani mengevaluasi tokoh yang diperankan dengan kata-kata sendiri. 
  3. Siswa mempunyai sikap mau bekerja sama, saling menolong, dan saling menghargai dalam kelompok.
  4. Siswa menunjukkan sikap kreatif dalam menciptakan properti sesuai peran.
  5. Siswa mampu memerankan tokoh sesuai cerita dalam pertunjukan di kelas dengan penuh percaya diri. 
Berilah catatan sesuai perkembangan siswa!

V. Pengayaan 

Pada bagian pengayaan ini, Sahabat Guru bisa mengidentifikasi siswa atau kelompok yang mempunyai kemampuan dan minat yang tinggi selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Setelah diidentifikasi, Sahabat Guru boleh memberikan motivasi dan perhatian lebih sebagai sumber daya manusia sekolah yang bisa diunggulkan. Sahabat Guru boleh mengunggah foto atau video dokumentasi pementasan ke YouTube atau mengikutkannya ke festival/lomba teater anak.

VI. Refleksi Guru 

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan pembelajaran pada Unit 4 ini, alangkah baiknya jika Sahabat Guru dapat menjawab sejumlah pertanyaan berikut ini. Nantinya, jawaban pada pertanyaan berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan refleksi demi pembelajaran yang lebih baik di masa mendatang. Agar jawaban pada pertanyaan berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan, strategi, dan media pembelajaran yang efektif dan efisien di masa mendatang, Sahabat Guru disarankan untuk menjawabnya dengan jujur sesuai kondisi sekolah dan siswa.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jujur! 
  1. Adakah sesuatu yang menarik selama pembelajaran sehingga siswa bisa belajar dengan baik di kelas? Jika ada, jelaskan! 
  2. Adakah sesuatu yang tidak menarik selama pembelajaran sehingga siswa tidak dapat belajar dengan baik di kelas? Jika ada, jelaskan! 
  3. Apa yang Sahabat Guru sukai dari kegiatan pembelajaran pada Unit 4 ini? Jelaskan! 
  4. Apa yang tidak Sahabat Guru sukai dari kegiatan pembelajaran pada Unit 4 ini? Jelaskan!
  5. Apakah kegiatan pembelajaran dalam unit ini sudah sesuai dengan karakter sekolah dan siswa Sahabat Guru? Jika tidak, jelaskan langkah yang ideal sesuai dengan karakter sekolah dan siswa Sahabat Guru!
  6. Apa yang ingin Sahabat Guru ubah untuk meningkatkan atau memperbaiki pelaksanaan/hasil pembelajaran?
  7. Dengan pengetahuan yang Sahabat Guru dapat atau miliki sekarang, apa yang akan Sahabat Guru lakukan jika harus mengajar kegiatan yang sama di kemudian hari? 
  8. Apa dan bagian mana yang ingin Sahabat Guru gali lebih dalam? Mengapa? Apa yang akan Sahabat Guru lakukan?
  9. Sebutkan satu hal yang bisa Sahabat Guru pelajari mengenai proses mengajar pada unit ini! 
  10. Kegiatan keberapakah yang paling berkesan? Mengapa? 
  11. Pada kegiatan keberapa siswa paling belajar banyak? 
  12. Pada momen apa siswa menemui kesulitan ketika mengerjakan tugas? Bagaimana siswa mengatasi masalah itu dan apa peran Sahabat Guru? 
  13. Apakah pembelajaran berlangsung dengan baik? Apa buktinya? 
  14. Bagian mana yang masih perlu diperbaiki dari pengajaran Sahabat Guru? 
  15. Jelaskan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang paling dominan dipelajari siswa pada unit ini!

VII. Bahan Bacaan Siswa 

Berikut ini adalah bahan bacaan siswa berjudul Serunya Menyiapkan Pementasan. Bacakanlah untuk siswa dan cetaklah agar siswa bisa membacanya sendiri atau bersama orang tuanya di rumah!

Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!