Karakteristik Dan Alur Pencapaian Setiap Tahun Seni Tari Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -

Karakteristik Dan Alur Pencapaian Setiap Tahun Seni Tari Kelas 1 SD - Seni tari merupakan pembelajaran yang berbasis pada psikomotorik dengan memperhatikan keindahan sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungannya. 

Seni tari pada jenjang ini lebih banyak pengenalan dengan unsur utama tari. Siswa juga diajak untuk mencoba semua unsur utama gerak tari dan merangkai menjadi susunan gerak yang baru sesuai dengan pilihan dan kreativitasnya. Siswa didorong untuk mengamati, bergerak, berkreativitas, merangkai dan menghasilkan produk sesuai dengan etika/norma yang ditunjukkan saat melakukan proses kreatifnya.

Baca Juga:  Dimensi dan Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila Seni Tari Kelas 1 SD

Karakteristik Seni Tari Kelas 1 SD

Siswa lebih banyak aktivitas praktik serta mengamati langsung tentang proses belajar gerak tari. Kemudian siswa juga mengemukakan apa yang dilakukannya ke dalam bentuk lisan atau tulisan untuk disampaikan kepada orang lain, sebagai bentuk berbagi pemahaman atas apa yang telah diperoleh. 

Dalam membelajarkan seni tari, dibutuhkan pendekatan berupa elemen-elemen yang berkaitan dengan mengalami, mencipta, refleksi, yang bermuara pada berpikir dan bekerja artistik, sehingga berdampak bagi dirinya dan orang lain. Elemen-elemen ini saling berhubungan dan menguatkan satu sama lain untuk mencapai capaian pembelajaran di fase A. Elemen ini merupakan siklus yang dapat dilihat pada skema berikut ini.  

Karakteristik Dan Alur Pencapaian Setiap Tahun

Baca Juga: Profil Pelajar Pancasila Seni Tari Kelas 1 SD

1. Mengalami (Experiencing) 

Pelajar mampu mengamati bentuk tari sebagai media komunikasi serta mengembangkan kesadaran diri dalam mengeksplorasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, tenaga, waktu, gerak di tempat dan gerak berpindah. 

2. Menciptakan (Creating) 

Pelajar mampu mengidentifikasi unsur utama tari (gerak, ruang, waktu dan tenaga), gerak ditempat dan gerak berpindah untuk membuat gerak sederhana yang memiliki kesatuan gerak yang indah. 

3. Refleksi (Reflecting)

Pelajar mampu mengemukakan pencapaian diri secara lisan, tulisan, dan kinestetik. 

4. Berpikir Dan Bekerja Artistik (Thinking and working artistically) 

Pelajar mampu menunjukkan hasil gerak sederhana dengan norma/ perilaku yang sesuai dalam menari dengan keyakinan dan percaya diri saat mengekspresikan ide, perasaan kepada penonton atau lingkungan sekitar. 

5. Berdampak (Impacting) 

Pelajar mampu menumbuhkan keingintahuan, menunjukan antusiasme saat proses pembelajaran tari yang berdampak pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.

Baca Juga: Bahan Bacaan Guru UNIT 4 Berkreasi dan Berkolaborasi, Seni Teater Kelas 1

Alur Pencapaian Setiap Tahun Seni Tari Kelas 1 SD

Fase A (Umumnya Kelas 1-2 SD)  - Pada akhir fase, siswa mampu mengemukakan pencapaian diri dalam mengamati bentuk tari sebagai pengetahuan dasar untuk membuat gerak berdasarkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga), gerak di tempat dan gerak berpindah yang dipertunjukan sesuai norma/perilaku dengan percaya diri, sehingga dapat menumbuhkan rasa keingintahuan dan antusiasme. Siswa mampu mengenal gerak sebagai unsur utama tari. Merujuk pada capaian fase ini, maka pencapaian pembelajaran di Kelas 1 adalah: 
  1. Pelajar mampu menumbuhkan rasa keingintahuan untuk mempelajari tari dengan menceritakan pengalaman pribadinya dalam mengamati gerak tari. 
  2. Pelajar mampu mengeksplorasi gerak dengan mengamati unsur utama gerak tari yaitu ruang, waktu, dan tenaga. 
  3. Pelajar mampu membuat gerak sederhana yang menerapkan unsur utama tari yaitu ruang, waktu, dan tenaga dengan stimulus. 
  4. Pelajar mampu menunjukkan gerak sesuai unsur utama tari (gerak, ruang, waktu dan tenaga) dengan mandiri dan percaya diri.
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!