Pendahuluan Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -

Pendahuluan Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SD - Untuk mencapai pembelajaran di Kelas 1, kompetensi yang harus dituntaskan siswa adalah mengenal gerak sebagai unsur utama tari serta kemampuan membuat gerak berdasarkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga). Kompetensi tersebut dapat dicapai dengan mempelajari 4 unit yang terdapat dalam buku panduan guru ini. 

Keempat unit tersebut yaitu Unit 1 mempelajari tentang kesadaran tubuh dalam menghasilkan gerak, sehingga siswa dapat membedakan gerak keseharian dan gerak tari, kemudian Unit 2 siswa dapat membedakan penggunaan ruang dalam gerak tari, dilanjutkan dengan Unit 3 siswa dapat menggunakan waktu dalam gerak tari, khususnya untuk tempo cepat dan lambat, dan diakhiri dengan Unit 4 siswa dapat menggunakan tenaga dalam gerak tari, khususnya gerak kuat dan lemah. Berikut peta konsep yang dapat memudahkan guru dalam menggunakan buku ini dalam melakukan aktivitas dan penekanannya pada masing-masing unit.


Pendahuluan Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SD

Rincian aktivitas tiap unit 

Rincian aktivitas tiap unit dimulai dari: 

  1. pembahasan pengetahuan untuk menjelaskan secara konsep tentang gerak, ruang waktu dan tenaga. 
  2. eksplorasi gerak, ruang, waktu, tenaga agar guru dan siswa memiliki kemampuan dalam melakukan atau mencoba penjelajahan/pencarian gerak. 
  3. mengidentifikasi unsur ruang, waktu, tenaga berdasarkan hasil eksplorasinya. 
  4. melakukan pengamatan atau saling mengapresiasi hasil eksplorasi unsur ruang, waktu, tenaga yang telah dilakukan. 
  5. merangkai/menyusun atau membuat gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga. 
  6. melakukan latihan bersama diharapkan dari kegiatan ini ada interaksi dan komunikasi antar siswa dengan siswa dan guru dengan siswa, serta kerjasama dalam bentuk kelompok tari, sehingga akan terlihat kemampuan beradaptasi dan saling menghargai. 
  7. pertunjukan atau menampilkan hasil latihannya. Pada hasil akhir berupa pertunjukan, siswa dapat merefleksi dan guru melakukan penilaian, sehingga akan terlihat kemampuan siswa dalam menilai dirinya dan kemampuan guru dalam memberikan penilaian terhadap siswanya baik dari sisi pengetahuan, sikap dan keterampilan saat siswa melakukan aktivitas yang dimulai dari mengalami, menciptakan, merefleksi, berpikir dan bekerja artistik, serta berdampak. 

Kegiatan atau aktivitas pembelajaran ini merupakan salah satu contoh yang diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi guru. Hal ini sangat tergantung dari kondisi sekolah, guru dan karakteristik siswa, sehingga aktivitas dalam buku ini dapat dikembangkan sendiri oleh guru sesuai kebutuhan. Begitu pula pada materi lagu, ilustrasi gerak yang terdapat dalam buku ini, dapat disesuaikan guru mengikuti kearifan lokal budaya setempat, sehingga mungkin saja gerak atau lagu yang digunakan bercirikan kedaerahan

Karakteristik siswa juga harus menjadi bahan pertimbangan guru dalam mengembangkan materi, mengingat siswa Kelas 1 masih harus beradaptasi dengan kebiasaannya saat di taman bermain atau taman kanak-kanak. Guru perlu mencermati kemampuan motorik yang dimiliki siswa sebagai dasar dalam merancang pola gerak yang akan distimuluskan kepada siswa.


Aktivitas yang dilakukan mengarah pada pemberian contoh, memberikan stimulus, mengekspresikan hasil imajinasi dan menampilkan kemampuannya dengan percaya diri. Tidak menutup kemungkinan jika guru memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan lebih dari temannya memberikan bantuan atau pendampingan pada temannya sebagai ahli dalam kelompoknya. 

Penilaian dalam bentuk apresiasi guru diharapkan bersifat membangun, karena tidak ada yang salah dalam beraktivitas seni tari, tetapi guru harus banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih agar kemampuan motorik dan keterampilan menarinya dapat lebih maksimal.  

Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!