Pendahuluan Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SD - Untuk mencapai pembelajaran di Kelas 1, kompetensi yang harus dituntaskan siswa adalah mengenal gerak sebagai unsur utama tari serta kemampuan membuat gerak berdasarkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga). Kompetensi tersebut dapat dicapai dengan mempelajari 4 unit yang terdapat dalam buku panduan guru ini.
Keempat unit tersebut yaitu Unit 1 mempelajari tentang kesadaran tubuh dalam menghasilkan gerak, sehingga siswa dapat membedakan gerak keseharian dan gerak tari, kemudian Unit 2 siswa dapat membedakan penggunaan ruang dalam gerak tari, dilanjutkan dengan Unit 3 siswa dapat menggunakan waktu dalam gerak tari, khususnya untuk tempo cepat dan lambat, dan diakhiri dengan Unit 4 siswa dapat menggunakan tenaga dalam gerak tari, khususnya gerak kuat dan lemah. Berikut peta konsep yang dapat memudahkan guru dalam menggunakan buku ini dalam melakukan aktivitas dan penekanannya pada masing-masing unit.
Rincian aktivitas tiap unit
Rincian aktivitas tiap unit dimulai dari:
- pembahasan pengetahuan untuk menjelaskan secara konsep tentang gerak, ruang waktu dan tenaga.
- eksplorasi gerak, ruang, waktu, tenaga agar guru dan siswa memiliki kemampuan dalam melakukan atau mencoba penjelajahan/pencarian gerak.
- mengidentifikasi unsur ruang, waktu, tenaga berdasarkan hasil eksplorasinya.
- melakukan pengamatan atau saling mengapresiasi hasil eksplorasi unsur ruang, waktu, tenaga yang telah dilakukan.
- merangkai/menyusun atau membuat gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga.
- melakukan latihan bersama diharapkan dari kegiatan ini ada interaksi dan komunikasi antar siswa dengan siswa dan guru dengan siswa, serta kerjasama dalam bentuk kelompok tari, sehingga akan terlihat kemampuan beradaptasi dan saling menghargai.
- pertunjukan atau menampilkan hasil latihannya. Pada hasil akhir berupa pertunjukan, siswa dapat merefleksi dan guru melakukan penilaian, sehingga akan terlihat kemampuan siswa dalam menilai dirinya dan kemampuan guru dalam memberikan penilaian terhadap siswanya baik dari sisi pengetahuan, sikap dan keterampilan saat siswa melakukan aktivitas yang dimulai dari mengalami, menciptakan, merefleksi, berpikir dan bekerja artistik, serta berdampak.