Kegiatan 3 Bermain Benda di Sekitar Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Pasti Untung
By -
Kegiatan 3 Bermain Benda di Sekitar Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD

Kegiatan 3 Bermain Benda di Sekitar Unit 3 Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 3 Bermain Benda di Sekitar Unit 3 Seni Teater Kelas 1 Kurikulum Merdeka?

Pada kegiatan 3 ini, memiliki Tujuan kegiatan Siswa berimajinasi dengan benda-benda di sekitarnya dan memperagakannya sebagai properti pementasan. Elemen Mencipta, berpikir dan bekerja Artistik, serta dampak. Subelemen Pantomim, bermain dengan properti, dan pertunjukan. Dan Alokasi waktu 2×35 menit.


Kegiatan 3 Bermain Benda di Sekitar Unit 3 Seni Teater Kelas 1

A. Persiapan Mengajar

Sahabat Guru, persiapkanlah hal-hal berikut ini sebelum mengajar.
  1. Perbanyaklah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3 sesuai jumlah siswa. 
  2. Siapkanlah ruang yang relatif luas agar siswa leluasa bergerak. 
  3. Siapkan benda-benda di sekitar yang bisa digunakan sebagai properti siswa, misalnya taplak meja, bola, kardus, botol, pensil, dan buku.

B. Kegiatan Pengajaran

1.Kegiatan Pembukaan

Pengantar dan Pengaturan Kelas 

Pada kegiatan pembukaan, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kali ini kepada siswa, yaitu agar siswa bisa meningkatkan daya imajinasinya dengan menggunakan properti. Setelah itu, kondisikan siswa dalam formasi melingkar dan pastikan siswa bisa leluasa bergerak.

Pemanasan 

Sebelum melakukan pembelajaran inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pemanasan berikut ini. Tujuannya adalah untuk memberi contoh dan memancing daya imajinasi siswa
  1. Mintalah siswa membentuk formasi melingkar. 
  2. Pastikanlah siswa bisa bergerak dengan leluasa. 
  3. Tunjukkanlah benda-benda yang akan dipakai sebagai properti pementasan kepada siswa. 
  4. Katakan kalau benda-benda itu bisa berubah jadi apa saja sesuai keinginan. 
  5. Berilah contoh kepada siswa, misalnya:

    Sahabat Guru memegang pensil, lalu memperagakan gerakan makan dengan garpu. Pensil diimajinasikan sebagai garpu. Pensil itu juga bisa diimajinasikan sebagai tusuk satai. Sahabat Guru dapat memperagakan gerakan makan satai yang lezat dengan pensil itu.

  6. Peganglah benda yang lain, tegaskan kembali bahwa benda itu juga bisa berubah jadi apa saja sesuai keinginan. 
  7. Berilah siswa kesempatan untuk menyampaikan imajinasinya. 
  8. Pada akhir kegiatan pemanasan, berilah kesempatan beberapa siswa untuk memegang salah satu benda untuk mencoba permainan ini. 

2. Kegiatan Inti

Setelah melakukan kegiatan pemanasan, Sahabat Guru bisa lanjut melakukan kegiatan inti berikut ini.
  1. Pastikanlah siswa masih berada dalam formasi melingkar dengan ruang gerak yang leluasa.
  2. Berilah informasi bahwa tiap siswa punya kesempatan bermain. 
  3. Tunjukkanlah benda apa saja yang akan dimainkan. 
  4. Pilihlah benda yang akan dimainkan terlebih dahulu. 
  5. Pastikan semua siswa mendapat giliran bermain. 
  6. Mintalah siswa yang memegang benda untuk maju ke tengah lingkaran. 
  7. Setelah siswa selesai bermain, siswa yang lain menebak benda apa yang sedang diimajinasikan. Jika benda sudah tertebak, berikanlah benda itu ke siswa yang ada di sebelahnya searah jarum jam. 
  8. Setiap ada siswa yang selesai bermain atau mengimajinasikan benda, berilah apresiasi dengan meminta siswa yang lain tepuk tangan. 
  9. Sahabat Guru boleh mengganti benda di tengah permainan. 
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat Guru bisa memintanya untuk bermain di tengah lingkaran. Sahabat Guru dapat memilih benda yang dianggap sulit oleh siswa lain. Mintalah siswa yang lain menebak benda apa yang sedang diimajinasikan. Jika ada siswa yang tampak tidak berminat atau belum percaya diri, berilah kesempatan bermain dan apresiasi.

 3. Kegiatan Penutup

Sahabat Guru, setelah melakukan kegiatan inti, ajukanlah pertanyaan refleksi berikut ini kepada siswa:
  1. Benda apa saja yang sudah kamu imajinasikan? 
  2. Benda-benda itu kamu imajinasikan jadi apa? 
  3. Apa kamu merasa kesulitan melakukan imajinasi? 
  4. Apa fungsi benda dalam kegiatan pementasan?
Berikutnya, mintalah siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 3. Setelah diisi dan dikumpulkan, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja siswa, ya!

C. Kegiatan Pembelajaran Alternatif

Sahabat Guru dapat melakukan kegiatan alternatif menirukan suasana alam di sekitar. Siswa bisa menirukan gerak ombak, pohon yang terkena angin kencang, ataupun bunga yang layu. Berilah semua siswa kesempatan untuk bermain secara bergiliran. Mintalah siswa membuat formasi melingkar, lalu satu per satu siswa maju ke tengah lingkaran untuk memperagakan gerakan tersebut.
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!