Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan! Seni Teater SD Kelas 1

Pasti Untung
By -
Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan! Seni Teater SD Kelas 1 - Kegiatan 4 Ayo Menonton Pertunjukan! Seni Teater Kelas 1 SD - Halo sahabat guru merdeka. Apakah Sahabat Guru Dindikbud siap untuk mengajarkan Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan! Seni Teater SD Kelas 1 Kurikulum Merdeka?

Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan! Seni Teater SD Kelas 1

Pada kegiatan 4 ini memiliki Tujuan kegiatan : Melatih siswa bermain teater dengan meniru karakter yang pernah dialami dan diamati serta melatih siswa mengombinasikan properti dengan peran yang dimainkan. Elemen : Mencipta dan berpikir artistik. Subelemen : Mimesis dan bermain dengan properti. Alokasi waktu : 3×35 menit

Baca Juga: Kegiatan 1 Ayo Berkenalan! Buku Guru Seni Teater Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan!

A. Persiapan Mengajar 

Halo, Sahabat Guru, kita sudah sampai di kegiatan kelima! Yuk, persiapkan hal-hal berikut ini agar Sahabat Guru lebih maksimal dalam megajar. 
  1. Berikut ini adalah gambar peristiwa jual beli di pasar, dokter yang sedang memeriksa pasien, dan guru yang sedang mengajar di kelas. Sahabat Guru bisa memfoto atau mengunduh gambar-gambar berikut ini. Sahabat Guru juga bisa mencetaknya di selembar kertas atau menayangkannya melalui proyektor. Sahabat Guru juga boleh menggunakan gambar peristiwa lainnya
  2. Pada pertemuan sebelumnya, berikan informasi kepada siswa bahwa untuk pertemuan kali ini, siswa diminta membawa mainan dari rumah. Siswa boleh membawa boneka, kain gendongan, alat masak-masakan, mobil-mobilan, mainan robot, dan lain-lain. Mainan tersebut nantinya digunakan sebagai properti untuk bermain teater. 
  3. Siapkanlah kertas, gunting, dan spidol. Ketiga alat itu dipakai dalam strategi membentuk kelompok. Guntinglah kertas dengan ukuran 3 cm × 5 cm, lalu tulislah sila-sila Pancasila di kertas itu. Tiap-tiap kelompok terdiri atas 4–5 anggota, jadi sesuaikan jumlah potongan kertas dengan jumlah siswa. Perhatikan contoh berikut ini!

B. Kegiatan Pengajaran 

Sahabat Guru, kegiatan pengajaran di kelas kali ini adalah bermain drama dengan mainan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa bermain drama dengan meniru karakter yang pernah dialami dan diamati serta melatih siswa berpikir artistik. Kegiatan ini dibuka dengan mengumpulkan mainan di salah satu meja, lalu Sahabat Guru menayangkan gambar-gambar peristiwa. 

Sebagai contoh, Sahabat Guru menayangkan gambar peristiwa jual beli di pasar, dokter yang sedang mengobati pasien, dan guru yang sedang mengajar di kelas. Gambar itu bertujuan untuk mengingatkan siswa pada peristiwa di sekitarnya sehingga memudahkan siswa untuk meniru peristiwa tersebut dalam permainan drama.

1. Kegiatan Pembukaan 

Pengantar dan Pengaturan

Sebelum kegiatan ini dimulai, Sahabat Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa, yaitu bermain peran, bergerak, berbicara, dan berekspresi serta memilih benda atau properti sesuai peran yang dimainkan. Kemudian, Sahabat Guru bisa menghubungkan kegiatan ini dengan kegiatan sebelumnya. 

Jika pada kegiatan sebelumnya siswa menirukan gerak, ekspresi, dan suara temannya serta menonton pertunjukan, pada kegiatan kali siswa bermain drama dengan properti mainan. Siswa diharapkan bisa bergerak, berbicara, dan berekspresi sesuai dengan peran yang dimainkannya.

Introduksi 

Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan pembuka sebagai berikut. 
  1. Pancinglah ingatan siswa pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, misalnya dengan pertanyaan, “Bagaimana kamu melakukan sikat gigi? Bagaimana bunyinya?”
  2. Pandulah siswa berkelompok sesuai dengan sila-sila Pancasila. Sila pertama berkelompok dengan sila pertama, sila kedua berkelompok dengan sila kedua, dan seterusnya.
  3. Sajikanlah gambar berbagai peristiwa, misalnya peristiwa jual-beli di pasar, dokter yang sedang mengobati pasien, guru yang sedang mengajar di kelas, dan lain-lain.
  4. Sebutkanlah satu per satu benda atau properti sesuai gambar peristiwa.
  5. Berilah contoh bermain drama dengan mainan anak. 
  6. Berikanlah waktu kepada siswa bersama kelompoknya untuk mendiskusikan adegan yang akan ditampilkan. 
  7. Mintalah siswa bermain drama sesuai gambar. Siswa juga boleh bermain drama yang tidak sesuai dengan gambar.
Baca Juga: Kegiatan 3 Ayo Bernyanyi dan Bergerak! Seni Teater SD Kelas 1

2. Kegiatan Inti 

Sahabat Guru, kali ini adalah kegiatan inti. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk memandu siswa menciptakan drama seperti peristiwa yang dialami dan dilihatnya sehari-hari. 
  1. Pandulah siswa bermain drama bersama kelompoknya secara bergiliran. 
  2. Mintalah siswa memilih mainan sebagai properti yang sesuai dengan perannya. Sebagai contoh, pada peristiwa jual-beli di pasar, siswa bisa memanfaatkan mainan sayur dan buah sebagai dagangannya. 
  3. Mintalah kelompok penonton untuk memberi semangat kepada kelompok yang tampil dengan bertepuk tangan sebagai bentuk empati. 
  4. Mintalah tiap kelompok memberi penilaian kepada kelompok pementas. Penilaian tersebut hanya berupa satu kata yang ditulis pada selembar kertas, misalnya luar biasa, mantap, sangat bagus, menyenangkan, dan lain-lain.
Sahabat Guru, perhatikanlah siswa yang tampak berminat tinggi dan ingin mengembangkan potensinya. Mintalah siswa tersebut memperagakan satu adegan di depan kelas sementara siswa yang lain menirukan adegan tersebut. Jika ada siswa yang belum percaya diri dalam permainan ini, Sahabat Guru bisa memintanya untuk bermain pertunjukan bersama teman atau orang tua di rumah.

3. Kegiatan Penutup 

Setelah semua siswa bermain pertunjukan dengan mainannya sebagai properti, kali ini siswa diajak untuk melakukan refleksi. Berikut ini adalah langkah-langkah kegiatan yang dapat dilakukan oleh Sahabat Guru: 
  1. Pandulah siswa untuk mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 5. Setelah selesai, mintalah siswa untuk mengumpulkannya dan berikanlah catatan motivasi pada lembar kerja tersebut.
  2. Pandulah siswa untuk melakukan evaluasi dan berikanlah contoh bagaimana cara memberi pendapat yang santun.
  3. Berilah kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya secara santun. 
  4. Berikanlah pertanyaan refleksi. Berikut ini adalah contoh pertanyaan refleksi yang bisa Sahabat Guru gunakan:
    • Apakah kalian senang bermain teater? 
    • Peran sebagai apa yang paling kamu sukai? 
    • Apa properti yang kamu gunakan saat berperan sebagai tokoh itu? 
    • Mengapa kamu suka peran itu?
Baca Juga: Kegiatan 2 Ayo Bermain Cermin Ekspresi! Seni Teater Kelas 1



C. Kegiatan Alternatif

Jika siswa kesulitan membawa mainan dari rumah, Sahabat Guru bisa meminta siswa untuk memanfaatkan benda-benda di sekitarnya sebagai properti, misalnya boneka dari kain kerudung atau mobil-mobilan dari kardus bekas. Pembuatan properti dari benda-benda di sekitar itu bisa dilakukan siswa bersama Sahabat Guru di sekolah atau orang tua di rumah. Selanjutnya, lakukan langkah pembelajaran yang sama dengan langkah yang telah dipaparkan.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Kegiatan 5 Ayo Bermain Pertunjukan! Seni Teater SD Kelas 1 yang dapat dindikbud bahas kali ini. Semoga bermanfaat!
Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Out
Ok, Go it!