Pada kegiatan 1 ini, memiliki Tujuan kegiatan Siswa mengetahui berbagai macam ekspresi dari pengalaman pribadi dan pengamatannya terhadap orang-orang di
sekitarnya. Kegiatan ini juga dapat membangun rasa percaya
diri siswa. Elemen Mengalami dan merefleksi.
Subelemen Olah tubuh, olah suara, dan emosi. Dan Alokasi waktu 2×35 menit.
Kegiatan 2 Ayo Bermain Cermin Ekspresi
A. Persiapan Mengajar
Halo, Sahabat Guru! Pembelajaran ini memerlukan persiapan matang. Yuk,
persiapkan hal-hal berikut agar Sahabat Guru lebih maksimal dalam mengajar!
- Buatlah gambar emoji di kertas untuk ditunjukkan kepada siswa. Gambar tersebut juga ada di Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2 Guru bisa memandu siswa melalui lembar kerja untuk mengenal gambar emoji.
- Sahabat Guru, cetaklah gambar tersebut di selembar kertas agar lebih mudah dipakai untuk memandu siswa. Gambar tersebut juga bisa ditayangkan melalui proyektor. Jika tidak ada fasilitas itu, Sahabat Guru bisa memandu siswa melalui Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2.
- Siapkanlah kertas, gunting, dan spidol. Ketiga alat itu dipakai sebagai bagian dari strategi membentuk kelompok. Guntinglah kertas dengan ukuran 3 cm × 5 cm. Selanjutnya, tulislah nama-nama wayang di kertas itu, misalnya Gatotkaca, Arjuna, dan Yudistira. Perhatikan contoh berikut ini!
B. Kegiatan Pengajaran
Kegiatan ini dilakukan secara berpasangan. Sebelum kegiatan inti dimulai, Sahabat
Guru membentuk kelompok dengan nama-nama wayang yang ditulis di kertas.
Kertas itu dipotong menjadi dua bagian. Sebelum membagi kertas itu ke siswa,
kenalkan nama-nama wayang dengan menuliskannya di papan tulis. Setelah itu,
bagikan kertas yang sudah dipotong ke siswa.
Siswa mencari pasangan yang
sesuai dengan potongan nama wayang. Strategi mencari pasangan ini merupakan
kegiatan permainan cermin ekspresi. Sahabat Guru juga bisa menggunakan nama
pahlawan untuk membentuk kelompok.
Permainan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui berbagai macam ekspresi
dari pengalaman pribadi, (2) mengetahui berbagai macam ekspresi berdasarkan
pengamatan terhadap orang-orang di sekitarnya, dan (3) membangun rasa percaya
diri siswa.
1. Kegiatan Pembukaan
Pengantar dan Pengaturan
Kelas
Sahabat Guru, pada awal kegiatan pembukaan, sampaikanlah tujuan pembelajaran
kepada siswa. Tujuan pembelajaran kali ini adalah siswa dapat mengingat dan
meniru gerak, suara, dan emosi yang pernah dialami dan diamati dalam kehidupan
sehari-hari.
Selanjutnya, hubungkanlah kegiatan permainan cermin ekspresi dengan
kegiatan sebelumnya, yaitu melakukan olah gerak. Pada pertemuan sebelumnya,
siswa melakukan olah gerak bersama-sama dalam kelompok besar. Kali ini, siswa
menirukan gerak temannya.
Introduksi
Sebelum melakukan pembelajaran inti, Sahabat Guru bisa melakukan kegiatan
introduksi berikut ini. Tujuannya adalah untuk mengingat berbagai macam ekspresi
yang pernah dialami dan diamati siswa.
- Sahabat Guru bisa memberi pertanyaan apakah siswa pernah merasa sedih, gembira, terharu, kesal, dan lain-lain.
- Setelah itu, jelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, pasti semua orang pernah mengalami itu. Hal itu wajar dan manusiawi, tetapi kita tetap harus bisa mengendalikan diri.
- Tunjukkan salah satu gambar dengan ekspresi tertentu.
- Sahabat Guru bisa bertanya, “Ekspresi apa ini?”, “Apa kamu pernah mengalaminya?”, atau “Kapan kamu mengalaminya?”
- Selanjutnya, pandulah siswa mempraktikkan ekspresi yang pernah dialami siswa.
- Berilah pertanyaan, “Apakah kamu pernah mendengar suara binatang?” atau “Binatang apa saja yang pernah kamu lihat dan dengar suaranya?”
- Sahabat Guru bisa memberi contoh beberapa suara manusia. Misalnya, saat tertawa, manusia berbunyi hahaha atau hihihi.
- Mintalah siswa untuk mempraktikkannya. Sahabat Guru bisa bertanya, “Bagaimana kamu tertawa?” atau “Bagaimana kamu menangis?”
- Pandulah siswa mengingat nama-nama binatang. Sahabat Guru bisa memberi
instruksi seperti ini:
- Pandulah siswa untuk berkelompok sesuai nama wayang.
- Berikanlah Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2 yang akan dikerjakan siswa pada kegiatan penutup.
2. Kegiatan Inti
Setelah melakukan kegiatan introduksi, Sahabat Guru dapat melakukan kegiatan
inti berikut ini.
- Berilah waktu 5 menit kepada siswa untuk mencari pasangannya. Sahabat Guru bisa memandu mereka untuk menemukan pasangannya.
- Pandulah siswa membentuk formasi berhadapan dengan pasangannya.
- Sahabat Guru bisa memberi contoh ekspresi yang disertai gerak dan suara, misalnya makan kue yang enak atau tidak enak.
- Pada kegiatan ini, siswa A menjadi objek pantulan cermin. Mintalah siswa A melakukan gerak yang disertai suara sesuai pengalaman atau pengamatannya.
- Adapun siswa B menjadi cermin. Mintalah siswa B menirukan gerak dan suara siswa A.
- Instruksikan siswa B menebak apa yang dilakukan siswa A.
- Beri tahu siswa A agar melakukan tiga gerakan yang disertai suara, lalu mintalah bertukar peran.
- Mintalah siswa B melakukan tiga gerakan yang disertai suara untuk ditirukan oleh siswa A.
Jika ada siswa yang berminat dan ingin mengembangkan potensinya, Sahabat
Guru dapat memintanya untuk melakukan gerak serta mengeluarkan ekspresi dan
suaranya. Siswa yang lain mengikuti gerak, ekspresi, dan suara yang dilakukan siswa
tersebut. Pandulah siswa yang belum percaya diri atau belum bisa melakukan gerak
serta mengeluarkan ekspresi dan suara, misalnya dengan memberinya pertanyaan:
“bagaimana kamu menggosok gigi?” atau “bagaimana kamu melepas sepatu?”.
Kemudian, mintalah siswa itu untuk memperagakannya.
3. Kegiatan Penutup
Sahabat Guru, mari kita didik generasi emas Indonesia dengan profil Pelajar
Pancasila. Pada kegiatan ini, Sahabat Guru bisa memasukkan profil mengenal dan
mencintai Tuhan Yang Maha Esa. Ajaklah siswa bersyukur karena bisa melakukan
gerak serta mengeluarkan ekspresi dan suara. Ajaklah siswa merenungkan anugerah
yang diberikan Tuhan kepada kita.
Bagaimana bila manusia tidak dapat bergerak,
berekspresi, dan bersuara? Pasti akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.
Pada akhir pembelajaran ini, Sahabat Guru juga dapat memberi penguatan
bahwa ekspresi adalah sebuah pesan yang disampaikan melalui gerak tubuh.
Sahabat Guru hendaknya juga memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan
kegiatan yang sudah dilakukan serta memberi pertanyaan refleksi agar siswa dapat
menjelaskannya. Contoh pertanyaan refleksi antara lain:
- Setelah meniru gerakan temanmu, gerak apa saja yang kamu temukan?
- Setelah meniru ekspresi temanmu, ekspresi apa saja yang kamu temukan?
- Setelah meniru suara temanmu, suara apa saja yang kamu temukan?
Sahabat Guru, mintalah siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2.
Setelah siswa mengumpulkan lembar kerja tersebut, kegiatan selanjutnya adalah
meminta siswa bergerak mengikuti tempo lagu. Agar lebih seru, Sahabat Guru
hendaknya ikut serta dalam kegiatan ini bersama siswa. Langkah-langkahnya
adalah sebagai berikut.
- Pandulah siswa membentuk formasi melingkar.
- Putarlah musik berirama sedih.
- Mintalah siswa bergerak sesuai tempo lagu berirama sedih itu.
- Selanjutnya, putarlah musik berirama gembira.
- Mintalah siswa bergerak sesuai tempo lagu berirama gembira itu.
Sahabat Guru, jangan lupa beri motivasi pada catatan guru di lembar kerja
siswa, ya!
C. Kegiatan Alternatif
Apabila tidak ada fasilitas proyektor di sekolah, guru bisa memandu siswa melalui
Lembar Kerja Siswa Kegiatan 2. Pada lembar kerja tersebut, ada berbagai macam
ekspresi yang bisa dipraktikkan. Apabila tidak ada fasilitas pemutar musik di
sekolah, guru bisa memandu siswa bernyanyi. Pilihlah satu lagu berirama sedih
dan satu lagu berirama gembira untuk dinyanyikan. Selanjutnya, mintalah siswa
bergerak sesuai irama lagu tersebut.



